get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Jember Kembali Adakan Festival Angrek

Nikmatnya Kue Gandus Khas Palembang

Rabu, 18 Januari 2023 | 10:13 WIB
header img
Nikmatnya Kue Gandus Khas Palembang ( foto : istimewa )

Jember, iNewsJember.id - Kue Gandus merupakan salah satu kue khas yang berasal dari Kota Palembang. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung, sedangkan santan kelapa dan daun pandan sebagai bahan pelengkapnya. 

Sekilas kue ini mirip sekali dengan kue talam, tetapi jika dilihat dari segi rasa jelas sangat jauh berbeda. Kue ini memiliki rasa gurih dengan taburan daging, bawang dan juga cabai diatasnya. 

Kue gandus diperkirakan sudah ada sejak 500 tahun yang lalu. Konon keberadaan kue ini banyak dipengaruhi oleh budaya Tionghoa dan Eropa. Dimana pada zaman dahulu kue ini sering disajikan untuk menyambut perayaan hari-hari besar seperti Ramadhan dan Lebaran.

Ciri khas dari kue ini adalah memiliki tekstur yang lentur dan lengket sehingga menggambarkan kekentalan dalam hubungan kekerabatan antar manusia. Sedangkan rasanya yang gurih dan manis legit menggambarkan perpaduan sejarah kehidupan manusia di muka bumi. 

Banyak yang mengatakan kalau kue gandus sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka, karena makanan ini termasuk kedalam makanan ringan. Meski hanya makanan ringan, kue gandus merupakan mahakarya terbesar yang telah diwariskan oleh para nenek moyang. Biasanya 3 biji kue gandus dibanderol dengan harga Rp 5.000.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut