get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

Intip Destinasi Wisata Mistis Pantai Gondo Mayit di Blitar

Selasa, 17 Januari 2023 | 13:40 WIB
header img
Intip Destinasi Wisata Mistis Pantai Gondo Mayit di Blitar ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pantai Gondo Mayit merupakan destinasi wisata yang berada di daerah Blitar. Pantai ini masih sangat bersih dan alami, serta pemandangan pantai sangat mempesona. Meski memiliki nama yang sedikit mistis, tak membuat pantai ini sepi.

Pantai Pasetran Gondo Mayit terletak di Kecamatan Wonotirto, Desa Tambakrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, Gondo Mayit berarti bau mayat. Memang terkesan seram, tapi sebenarnya pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. 

Konon, di pantai ini pernah ditemukan banyak sekali mayat sehingga tercium seperti bau mayat di sekitar pantai. Tetapi ketika mendatangi pantai ini, bukan bau anyir mayat yang didapatkan melainkan semerbak harum dupa yang menyeruak kala angin berhembus kencang. 

Menurut pengelola pantai, penamaan Gondo Mayit bukan berasal dari bau mayat melainkan dari bau harum kembang dan juga dupa yang biasanya diletakkan di sisi jenazah atau makam. Bau ini berasal dari pasetran di atas bukit sebelah timur pantai. Selain itu di tempat ini juga terdapat pesanggrahan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat persinggahan Nyi Roro Kidul. 

Pasentran ini hampir mirip dengan petilasan. Dahyang atau tokoh yang babad lokasi ini, konon bernama Adnan. Ia memiliki kekuatan lebih karena sering bersemedi di atas bukit untuk bertemu penguasa pantai selatan yang sering dikenal sebagai Nyi Roro Kidul. Dari lokasi Adnan bersemedi inilah bau harum yang semerbak hingga mencapai pantai di bawahnya. Masyarakat sekitar menyadari ada potensi wisata mistis dan mulai membangun paseban yang memiliki luas 4x4 meter. Untuk menuju kesana, wisatawan bisa menapaki tatakan beton sejauh 100 meter.

Seperti pada umumnya budaya Jawa, kearifan lokal ini terjaga dengan hadirnya sesaji berupa bunga dan juga dupa. Wisatawan dari semua kalangan datang ke paseban ini untuk melakukan berdoa bersama, ada yang membaca Yasin dan tahlil, ada umat Hindu yang sembahyang bersama, ada juga umat Budha dan juga Nasrani dari dalam dan juga luar negeri. 

Jika memiliki hajat khusus, wisatawan biasanya melakukan tirakat beberapa malam seorang diri di tempat ini. Beberapa wisatawan juga mengaku berhasil sowan atau bertemu dengan penguasa pantai selatan ini.

Pantai ini masih sangat alami dan bersih. Dengan perpaduan alam yang asri dengan pemandangan pantai yang indah sehingga terlihat sangat menawan. Air laut di Pantai Gondo Mayit juga sangat bening, sehingga mengundang wisatawan untuk terjun langsung menikmati sejuknya air dan juga hempasan ombak. 

Pantai Gondo Mayit memiliki pasir yang sangat landai dan sangat pas jika dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Pasir yang putihnya sangat bersih tanpa karang dan juga sampah. Berada di sebelah selatan pulau Jawa membuat Pantai Gondo Mayit memiliki ombak yang cukup besar, sehingga pantai ini sangat cocok jika digunakan sebagai tempat surfing. 

Bagi wisatawan yang lapar, terdapat satu warung makanan disini. Namun, sebaiknya wisatawan membawa bekal sendiri dari rumah, karena kurang bervariasinya makanan yang disediakan di tempat ini. Untuk memasuki kawasan ini wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut