get app
inews
Aa Read Next : 5 Kuliner Khas Lampung yang Nikmat

Madu Mongso, Jajanan Jadul sejak Zaman Mataram Kuno

Senin, 16 Januari 2023 | 11:38 WIB
header img
Madu Mongso, Jajanan Jadul sejak zaman Mataram Kuno ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Madu Mongso adalah salah satu makanan yang tak boleh terlupakan. Jajanan ini sering dibuat ketika ada acara perayaan seperti pernikahan, hari raya dan lain sebagainya.

Madu mongso merupakan jajanan yang terbuat dari ketan hitam yang telah difermentasi dan dimasak menggunakan gula. Makanan khas ini dimasak dengan waktu yang sangat lama hingga menjadi adonan dodol atau jenang. 

Jajanan ini memiliki ciri khas yang membedakan dengan makanan tradisional lainnya, yakni menggunakan kertas warna-warni sebagai pembungkusnya. Madu mongso berasal dari kata “ madu dan “ mongso “. Kata madu merujuk pada cairan yang manis dari hewan lebah, sedangkan mongso berarti makanan. Ada juga yang berpendapat bahwa mongso ini berasal dari kata rumongso yang berarti berfikir atau dikira. Sehingga jika digabungkan madu mongso berarti makanan yang dikira mirip manisnya dengan madu. 

Madu mongso diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kuno. Jajanan ini termasuk kedalam jajaran makanan istimewa yang hanya bisa dinikmati oleh para raja, karena pada saat itu ketan masih sangat mahal dan juga sulit didapatkan. 

Seiring berjalannya waktu, jajanan madu mongso sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum dan menjadi salah satu makanan tradisional yang selalu ada disetiap perayaan. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut