get app
inews
Aa Read Next : 5 Kuliner Khas Lampung yang Nikmat

Ketupat Kandangan Kuliner Khas Banjarmasin Rasanya Bikin Nagih

Senin, 05 Desember 2022 | 21:55 WIB
header img
Kuliner Khas dari Kalimantan Selatan ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Ketupat merupakan salah satu sajian wajib saat memperingati Hari Raya umat Muslim atau Lebaran. Ketupat biasanya disajikan sebagai pendamping opor ayam atau makanan tradisional lainnya. 

 

Kali ini ada salah satu kuliner dari Kalimantan Selatan yang menggunakan ketupat sebagai bahan dasar kuliner ini. Kuliner ini bernama Ketupat Kandangan. Kata “ Kandangan “ berasal dari daerah asal ketupat tersebut. Kandangan merupakan sebuah Kecamatan sekaligus Ibu Kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang letaknya berada di sebelah utara Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

Pada daerah ini Ketupat Kandangan tidak hanya disajikan saat lebaran saja. Ketupat kandangan sangat mudah ditemukan jika anda mengunjungi Kalimantan Selatan dan sekitar Banjarmasin.

 

Ketupat ini berasal dari beras khusus yang membuat ketupat tidak mudah hancur serta mudah menyerap kuah. Selain itu kuah dari ketupat ini bertekstur kental dan gurih yang berasal dari campuran santan dan rempah-rempah seperti cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih kemiri, cengkeh, serta kapulaga.


 

Yang membedakan ketupat kandangan ini dengan ketupat lainnya adalah ketupat kandangan disajikan dengan ikan haruan atau ikan gabus yang telah dibakar atau diasap sebagai pendamping ketupat saat disajikan.

 

Kuliner satu ini sangat cocok jika sudah bosan dengan olahan opor ayam, rendang, atau kuliner lainnya yang biasanya di padukan dengan ketupat. Ikan gabus sendiri memiliki protein yang tinggi dan juga didukung oleh tekstur daging yang lembut sehingga kuliner ini tampak sangat lezat.

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut