get app
inews
Aa Read Next : Disebut Es Doger, Karena ini!

Tren di Puncak, Ternyata Jajanan Gemblong Berasal dari Betawi

Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:03 WIB
header img
Tren di Puncak, Ternyata Jajanan Gemblong Berasal dari Betawi ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Kue gemblong merupakan jajanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Cemilan ini memiliki rasa yang manis, gurih dan juga kenyal. 

Gemblong banyak disukai oleh masyarakat dan biasanya banyak ditemukan di antara kue tradisional lainnya. Kue Gemblong merupakan makanan khas dari Betawi yang terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang dicampur dengan parutan kelapa muda dan kemudian dibentuk bulat-bulat lalu digoreng hingga matang. 

Setelah digoreng, jajanan ini kemudian dilapisi dengan larutan gula aren. Sehingga memiliki rasa gurih, lembut dan juga manis serta renyah diluar. Di daerah Jawa Timur kue gemblong terkenal dengan nama getas. Tetapi getas lebih sering menggunakan ketan hitam sebagai bahan dasarnya. 

Cara membuat gemblong cukup sederhana, hanya ,mencampurkan tepung ketan putih, kelapa muda parut, santan, garam, dan tepung kanji. Bentuk adonan menjadi bulat lonjong dan kemudian digoreng di minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Gemblong yang sudah matang kemudian dicairkan dengan gula aren atau gula merah, lalu diamkan hingga dingin dan juga mengeras. 

Biasanyanya gemblong sering dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi maupun cemilan saat santai dengan ditemani segelas kopi atau teh. Jajanan ini banyak ditemui saat Ramadhan, karena kue ini sangat identik sebagai makanan takjil waktu berbuka puasa. 

Di daerah Puncak, Jawa Barat, jajanan gemblong sangat terkenal sekali. Bahkan jajanan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas saat berlibur ke daerah Puncak 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut