get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

Goa Pinus, Wisata Pinggir Jurang yang Instagramable

Sabtu, 07 Januari 2023 | 12:12 WIB
header img
Goa Pinus, WIsata Pinggir Jurang yang Instagramable ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Goa Pinus merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan keindahan hutan pinus di atas perbukitan. Wisata ini memberikan kesejukan udara khas daerah pegunungan.

Dengan suasana yang begitu asri, wisata ini cocok dijadikan sebagai tempat refreshing untuk melepas penat sejenak dari rutinitas kerja yang melelahkan. Wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, apalagi banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan.

Goa Pinus tak memiliki stalaktit dan stalagmit, padahal kedua hal tersebut merupakan ciri khas dari sebuah goa. Goa Pinus dulunya merupakan bekas penambangan pasir, karena tidak terpakai, bekas penambangan pasir ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Jadi Goa Pinus merupakan gabungan wisata alam dan juga wisata buatan. 

Goa Pinus memiliki ukuran yang tak terlalu tinggi, hanya sekitar 1 meter saja. Sementara itu jaraknya pun tak terlalu panjang, hanya sekitar 5 meter saja. Hal ini membuat pengunjung harus membungkuk ketika berjalan menyusuri gua.

Tak hanya itu saja, Goa Pinus juga memiliki kawasan Papua yang berupa rumah Honai. Ketika memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut dengan sebuah Gapura unik yang tersusun dari kayu. Selain bisa menikmati keunikannya, pengunjung bisa memanfaatkan Gapura untuk berfoto. Untuk masuk ke kawasan ini, para pengunjung akan dikenakan tiket wahana. Juga di kawasan ini terdapat beberapa spot foto yang sangat keren.

Sepanjang perjalanan menuju kawasan Papua terdapat salah satu spot keren, yakni perahu yang menjorok ke jurang. Di bawah perahu benar-benar langsung tertuju ke jurang, sehingga adrenalin pengunjung akan diuji di wahana ini. Untuk memasuki spot foto perahu menjorok ke jurang, pengunjung diharuskan membayar tiket wahana.

Batu di tepi jurang merupakan salah satu spot foto di kawasan Papua. Batu ini merupakan sebuah ikon wisata dari Goa Pinus. Sama halnya dengan perahu menjorok, letak batu ini sangat persis di tepi jurang. 

Pengunjung berbondong-bondong berusaha untuk bisa berfoto di atas batu yang menjadi ikon ini. Tapi setelah sampai di atas batu semua akan terbayarkan. Dengan pemandangan alam yang indah dan eksotis mampu memanjakan mata sehingga betah berlama-lama di lokasi ini. 

Di kawasan ini juga terdapat sebuah gardu yang diberi nama gardu pandang yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menikmati pemandangan alam dengan cara yang lebih aman. Sebab di samping gardu terdapat bambu-bambu sebagai pembatas.

Goa Pinus terletak di Gang Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur atau sekitar 11 kilometer dari pusat kota Batu. Sebelum memasuki kawasan Goa Pinus pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga 17.30 WIB.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut