get app
inews
Aa Read Next : Klepon, Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Unthuk Yuyu, Jajanan Tempo Dulu Khas Jawa Tengah

Senin, 02 Januari 2023 | 19:30 WIB
header img
Unthuk Yuyu, Jajanan Khas Jawa Tengah Yang Sudah Jarang Ditemui ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Unthuk yuyu merupakan salah satu cemilan tradisional yang sudah jarang ditemui. Cemilan ini berasal dari daerah Jawa Tengah.

Camilan unthuk yuyu atau unthuk cacing terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Jajanan yang satu ini memiliki citarasa yang gurih dan manis, serta bertekstur garing dan renyah. Kue ini sangat cocok menjadi teman minum teh atau kopi saat kumpul bersama keluarga. 

Kue ini berasal dari kata unthuk yang berarti busa, sedangkan yuyu berarti kepiting. Jika digabungkan unthuk yuyu berarti busa yang dihasilkan oleh kepiting saat keluar dari sarangnya. 

Unthuk yuyu sekilas terlihat seperti gelembung-gelembung yang menyembul dari sarang setelah hewan ini keluar. Bulatan-bulatan gelembung inilah yang menjadi nama dari kue kering ini. Kue ini memiliki tampilan yang tidak beraturan sama seperti gelembung yang menyembul di sarang kepiting. 

Saat ini, jajanan unthuk yuyu sudah jarang ditemui. Karena pada zaman modern anak muda lebih menyukai makanan kebarat-baratan seperti pizza, waffle, muffin, pancake,cookies, dan masih banyak lagi. Sehingga ketenaran jajanan ini makin meredup.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut