get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

Kuliner Kaldu Kokot Khas Sumenep yang Populer, Gurihnya Kebangetan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 19:12 WIB
header img
Kaldu Kokot, kuliner Kabupaten Sumenep yang populer. (Foto: Istimewa)

JEMBER, iNews.id-Sumenep merupakan Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki ragam kuliner yang populer, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota keris ini jika tidak mencoba kulinernya. Salah satu kuliner Sumenep yang sangat populer yakni kaldu kokot dan soto kokot.

Dua kuliner di Sumenep ini bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan enak dan mengenyangkan. “Kokot” dalam bahasa Madura berarti kikil sapi. Kokot inilah yang menjadi bahan utama dari makanan tersebut.

Tampilan hidangan kuliner khas Sumenep ini berupa rebusan kacang hijau dengan kikil dan tambahan singkong rebus.

Pada tahun 2019 lalu, melalui kulliner yang satu ini, Pemerintah setempat mencetak rekor LEPRID (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia) pada festival kuliner dengan penyajian kaldu kokot terbanyak.

Seporsi kaldu kokot juga terdapat tambahan babat, jeruan sapi dan tulang sumsum. Jika dilihat dari tampilanya saja sudah kebayang gurihnya kuah kaldu yang dipadu dengan rebusan kacang hijau dan dimasak dengan bumbu khasnya.

Menu ini sangat cocok disajikan di tengah kebersamaan keluarga. Kaldu Kokot sendiri selalu menjadi pilihan favorit masyarakat Sumenep.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut