get app
inews
Aa Read Next : Klepon, Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Kisah di Balik Kue Cucur yang Nikmat

Jum'at, 30 Desember 2022 | 21:14 WIB
header img
Kisah Dibalik Kue Cucur Yang Nikmat ( foto : Istimewa )

JEMBER,iNews.id - Kue Cucur merupakan kue yang berbentuk bulat dengan memiliki citarasa manis. Kue ini sering dijajakan di berbagai pasar tradisional 

Kue ini banyak ditemukan di beberapa negara ASIA seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, India, dan Sri Lanka. Di setiap negara terdapat beberapa nama kue cucur, contohnya negara Malaysia terkenal dengan nama kuih cucur, di Thailand dikenal dengan Khanom Chun - chun, di India dikenal dengan nama Neyyappam, dan juga Brunei Darussalam dikenal dengan kuih pinyaram.

Kue cucur pertama kali dikenalkan oleh negara asing yang singgah ke Indonesia. Kue ini diterima baik oleh masyarakat, sehingga dijadikan salah satu jajanan tradisional. Kue cucur terbuat dari tepung beras sebagai bahan dasar. 

Di beberapa daerah di Indonesia, kue cucur selalu ada di acara-acara adat. Nama kue cucur berawal dari proses pembuatan kue yang dikucurkan dalam sebuah loyang atau dalam bahasa betawinya ngocor. Kemudian para masyarakat pendatang memperhalus penamaan kue ini dengan nama kue cucur. 

Meski kue ini berbentuk sederhana, kue cucur ini dapat diterima oleh masyarakat luas sehingga seringkali menjadi hantaran dan hidangan saat ada acara adat.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut