get app
inews
Aa Read Next : 5 Jenis Buah Ini Bisa Cegah Anemia, Apa Saja ?

4 Cara Mencegah Anemia Kambuh

Senin, 26 Desember 2022 | 20:36 WIB
header img
Ilustrasi Anemia ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Anemia merupakan salah satu gangguan pada tubuh. Gangguan ini berupa sel darah merah yang rendah atau sel darah merah tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Sel darah merah sendiri memiliki kandungan hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat serta menyalurkan oksigen dalam tubuh. Saat mengalami anemia, jumlah sel darah merah serta kandungan hemoglobin berkurang. Hal ini menyebabkan kandungan oksigen tidak bisa disalurkan dengan baik. Akibatnya penderita anemia akan cepat lemas dan pucat.

Dalam kondisi normal, orang dewasa yang menderita anemia kadar hemoglobin darahnya berada di bawah 14 gram per desiliter pada laki-laki sedangkan untuk perempuan dibawah 12 gram per desiliter.  Dibawah ini terdapat 4 cara untuk mencegah anemia

1. Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin yang terkandung di dalam sel darah merah. Kandungan hemoglobin berguna untuk mengikat oksigen serta menyalurkannya ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga yang memberikan warna merah pada sel darah merah. Makanan yang mengandung zat besi yang tinggi antara lain :  daging merah, telur, sayuran hijau, dan sereal. 

2. Makan makanan mengandung vitamin B12

Untuk mencegah anemia juga diperlukan mengkonsumsi makanan yang memiliki vitamin B12 yang tinggi. Vitamin B12 merupakan nutrisi yang paling penting untuk menjaga kesehatan saraf, membuat DNA, serta berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Dalam sehari tubuh harus mencukupi kebutuhan vitamin B12 sebanyak 2,6 mcg untuk mencegah anemia. Makanan yang memiliki kandungan B12 adalah kerang laut, telur, serta hati hewan seperti sapi dan ayam.

3. Makan makanan mengandung asam folat ( Vitamin B9 )

Asam folat ( Vitamin B9 ) dapat membantu tubuh untuk membuat sel-sel baru, termasuk pembentukan sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang telat mati. Itu sebabnya asam folat merupakan nutrisi yang memiliki peran penting dalam mencegah anemia. Makanan yang mengandung asam folat antara lain : kacang polong, roti, jeruk dan sayuran berdaun hijau. 

4. Mengonsumsi makanan mengandung vitamin C

Dengan sering mengkonsumsi makanan serta buah yang mengandung vitamin C, secara tidak langsung tubuh sudah dapat mencegah anemia secara alami. Orang dewasa membutuhkan 75 mg Vitamin C dalam sehari yang bisa menjaga kesehatan sel darah merah. Vitamin C juga berperan dalam penyerapan zat besi di dalam usus halus. Jika kekurangan vitamin C, tubuh bisa cepat mengalami anemia. Buah yang mengandung vitamin C yang banyak, yakni jeruk, semangka, dan jambu merah. 

Itulah 4 cara untuk mencegah anemia kembali kambuh. Meski di apotik sudah tersedia berbagai macam obat penambah darah, tetapi lebih baik mencegah penyakit itu datang daripada mengobati. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut