get app
inews
Aa Read Next : Kades Meninggal Dunia Saat Nyanyi Bareng Biduanita di Panggung, Diduga Stroke Kambuh Muncul

Katto-Katto Permainan Anak 90-an yang Kembali Viral

Kamis, 22 Desember 2022 | 14:06 WIB
header img
Katto-Katto Permainan Anak 90-an yang Kembali Viral ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Katto-Katto adalah mainan jaman dulu yang akhir-akhir ini kembali viral. Banyak anak-anak yang mencoba untuk menunjukkan skill serta kelincahannya dalam permainan ini.

Permainan ini viral dan mulai dipertandingkan. Banyak orang yang merasa bernostalgia dengan permainan ini. Katto-Katto sendiri ternyata bukan berasal dari Indonesia, melainkan permainan ini berasal dari Amerika Serikat. 

Permainan Katto-Katto ini pertama kali muncul dan berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Di Amerika Serikat permainan ini dikenal dengan Clackers Balls Toys. 

Awalnya permainan ini terbuat dari dua bola kaca. Dua bola kaca ini sangat membahayakan pemainnya jika pecah. Karena itu kedua bola di Clackers Ball Toys akhirnya diubah menjadi plastik. Saat masuk ke Indonesia permainan ini bukan lagi disebut Clackers Ball Toys tetapi Katto-Katto.

Katto-Katto merupakan dua biji plastik yang berbentuk bundar dan diikat dengan seutas tali. Setelah itu tali diikat sama panjang agar jika dimainkan bisa mengeluarkan suara khas yakni “ Taktok-Taktok”.

Cara permainan ini sangat membutuhkan kelincahan dan keahlian untuk menyeimbangkan kedua bola dengan seutas tali. Sehingga kedua bola akan selalu bertabrakan tanpa meleset dan menghasilkan suara yang nyaring. 

Permainan ini viral dan dijadikan sebuah ajang pertandingan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun mulai ketagihan dengan pertandingan ini. Pemenang dalam permainan ini dipilih berdasarkan seberapa lama menyeimbangkan kedua bola dengan seutas tali. 

Ada yang ingin mencoba ? Dengan adanya permainan ini anak-anak mulai sedikit demi sedikit meninggalkan gadgetnya. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut