get app
inews
Aa Read Next : Klepon, Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Teh Talua Minuman Terpopuler Ketiga di Indonesia

Sabtu, 10 Desember 2022 | 05:19 WIB
header img
Teh Talua Minuman Khas Minang ( foto : istimewa )

JEMBER, iNews.id - Tanah Minang memiliki keberagaman warisan kuliner. Tak hanya makanan saja yang terkenal, tetapi ada minuman khas Sumatera Barat ini yang tak kalah nikmat serta memiliki khasiat untuk tubuh.

Minuman ini bernama Teh talua. Teh talua merupakan campuran dari teh, gula, telur, serta sedikit perasan jeruk nipis. Rasanya yang unik dan enak sehingga minuman ini banyak digemari oleh semua masyarakat.

Teh talua memiliki citarasa serta tampilan yang menarik. Satu gelas teh talua menghasilkan lima gradasi warna yang disebut dengan limo lenggek. Cara membuat lima gradasi warna ini terbilang unik. Yang pertama, kuning dan putih telur dipisah terlebih dahulu. Kuning telur lalu dikocok bersama dengan gula sehingga menghasilkan busa. Lalu masukkan teh hitam yang panas kemudian dicampurkan dengan susu kental manis yang diberi perasan jeruk nipis. 

Teh talua ini memiliki khasiat untuk menambah stamina. Sehingga membuat penikmat minuman ini tidak mudah lelah serta bisa mengembalikan energi yang terbuang.

Teh talua ini mengandung manfaat untuk tubuh. Seperti vitamin A, D, E, dan K  yang didapatkan dari kuning telur. Minuman ini juga bisa untuk menjaga kesehatan mata dan tulang.

Minuman ini sangat cocok diminum saat malam hari.  Karena minuman ini memberikan kehangatan sehingga sangat cocok diminum saat malam hari.

Teh talua banyak digemari oleh masyarakat terbukti pada tahun 2017 minuman ini berhasil mendapatkan juara ketiga dalam kategori minuman tradisional terpopuler di Ajang Pesona Indonesia

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut