get app
inews
Aa Read Next : Klepon, Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Soto Padang dengan 16 Rempah yang Menggugah Selera

Rabu, 07 Desember 2022 | 06:48 WIB
header img
Soto Padang, Kuliner Khas Padang ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Soto di Indonesia ternyata banyak sekali macamnya. Salah satu soto yang unik adalah Soto Padang. Soto Ini berasal dari penggabungan 16 macam bumbu rempah.

Soto Padang sudah lama terkenal di daerah Sumatera Barat. Kuah kental yang berkaldu serta disajikan dengan irisan daging sapi yang digoreng kering, dengan diberi tambahan bihun (mie yang berasal dari tepung beras) juga perkedel kentang. Biasanya soto ini paling nikmat disajikan saat masih panas.

Soto ini biasanya disajikan dengan nasi yang diberi taburan kerupuk sagu merah muda, seledri, serta bawang goreng. Sebagai pelengkap hidangan ini  biasanya disajikan dengan sambal lado dan jeruk nipis. Rasa soto ini tak kalah dengan soto lainnya, atau bahkan mungkin lebih enak.

Ciri khas dari Soto Padang yang paling mencolok adalah irisan daging yang garing serta renyah tetapi tekstur daging masih tetap empuk dan tidak keras. Sebelum dihidangkan daging direbus terlebih dahulu sampai empuk setelah itu digoreng hingga garing. Sedangkan air sisa rebusan daging ini digunakan sebagai kaldu untuk kuah, sehingga menambah rasa gurih pada makanan ini. Dengan tambahan kerupuk merah yang garing, menambah kenikmatan dari sajian ini.

Soto padang sendiri berasal dari 16 bumbu rempah. Soto Padang juga tak menggunakan santan dalam proses pembuatannya. Soto ini tergolong agak pedas dan disajikan dengan perkedel. Karena ada sebuah pergeseran selera masyarakat membuat soto ini memiliki perubahan. Dulu untuk menikmati soto ini tak menggunakan kecap tetapi sekarang kebanyakan penikmat soto ini menggunakan kecap sebagai pelengkap rasa. 

“Karena banyak juga orang Minang yang suka kecap. Terpengaruh dengan selera Jawa yang suka manis. Sehingga rata- rata para penjual soto padang kini sudah menyediakan kecap,” jelas Mas’oed Abidin, ahli pangan dari Universitas Gadjah Mada mengutip dari indonesiakaya.com

Jika mengunjungi Padang kuliner ini wajib dicoba. Ada beberapa kedai makanan yang menjual soto ini, salah satunya Soto Simpang Karya, Soto Taluak Tampuruang, Soto Garuda, dan Soto Bopet Rajawali. Namun jika tidak bisa mengunjungi Padang ada salah satu kedai Soto Padang legendaris yang berada di Jakarta, yaitu H. St. Mangkuto. Lokasi  kedai ini di Jalan Pintu Air, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Restoran ini adalah perintis Soto Padang di Jakarta, yang berdiri sejak tahun 1942. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut