get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Lezatnya, Botok Ikan Daun Mengkudu Khas Suku Dayak

Jum'at, 20 Januari 2023 | 17:04 WIB
header img
Lezatnya, Botok Ikan Daun Mengkudu Khas Suku Dayak ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Botok merupakan makanan khas dari daerah Jawa yang awalnya berasal dari ampas ( bungkil ) kelapa yang sudah diambil sarinya ( santan ).

Biasanya masyarakat Jawa membuat botok menggunakan ampas kelapa yang diberi bumbu cabe, garam, merica, dan juga daun salam. Selanjutnya, botok ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus hingga matang. Seiring berjalannya waktu, botok sudah memiliki banyak sekali variasi, seperti mencampurkan bahan petai cina, tahu, teri, udang hingga tawon. 

Tak hanya suku Jawa saja yang memiliki botok, masyarakat suku Dayak juga memiliki botok yang sangat khas dan cukup terkenal. Botok khas suku Dayak terbuat dari ikan yang dibungkus menggunakan daun mengkudu. Bentuk botok hampir menyerupai masakan pepes ikan namun memiliki rasa serta cara penyajian yang berbeda.

Botok terasa nikmat dan gurih jika menggunakan ikan pilihan seperti ikan betutu sungai, ikan gabus, ikan toman dan juga ikan kaloi. Untuk mendapatkan rasa ikan yang unik dan khas, ikan yang telah dibersihkan dipotong-potong sesuai selera kemudian dimasukkan ke dalam toples dan diberi tambahan garam serta beras secukupnya. Daging ikan di dalam toples kemudian dibiarkan selama beberapa hari antara 2-3 hari sampai daging ikan agak lunak, dan siap diolah menjadi masakan botok. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut