get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

Komoditas Penyumbang Inflasi di Jember, Angkanya Capai 0,81 Persen Tertinggi se-Jatim

Jum'at, 02 Desember 2022 | 14:53 WIB
header img
Kabupaten Jember (foto: Istimewa)

JEMBER,iNews.id-Kabupaten Jember mengalami inflasi sebesar 0,81persen dengan IHK 115 persen. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Jember tertinggi se-Jawa Timur.

 

Penyumbang terbesar terjadinya inflasi di Jember di Bulan November ini adalah bensin, beras, solar, angkutan antar kota, rokok kretek filer, bakso siap santap, sabun mandi, mie kering instan, bahan bakar rumah tangga, dan daging sapi.
 

"Dari delapan kota sebagai acuan IHK di Jawa Timur, semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kabupaten Jember sebesar 0,81 persen dan terendah di Kota Malang sebesar 0,12 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jember Tri Erwandi dalam konferensi pers di Kantor BPS setempat, dikutip dari Antara.

 

"Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga pada sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, di antaranya kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 8,9 persen dan kelompok transportasi sebesar 14,18 persen," tuturnya.

Sedangkan komoditas yang memberikan andil terbesar terjadinya inflasi tahunan hingga November 2022 adalah bahan bakar minyak premium, tarif air PDAM, beras, tempe, dan rokok kretek filter.
 

Sementara penyumbang kenaikan harga komoditas pangan secara nasional bervariasi. Sejak Bulan Oktober 2022 tercatat beras menjadi komoditas yang utama menyumbang kenaikan harga di 34 Provinsi. Lalu, minyak goreng di 31 Provinsi dan gula pasir di 29 Provinsi . Selebihnya tersebar pada berbagai komoditas pangan seperti bawang merah (23 Provinsi), daging sapi (18 Provinsi), telur ayam ras dan tepung terigu.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut