Logo Network
Network

63.335 Warga di Jember Mendapat BLT Bea Cukai 

Eko Riswanto
.
Selasa, 08 November 2022 | 18:21 WIB
63.335 Warga di Jember Mendapat BLT Bea Cukai 
Pembagian BLT Bea Cukai di Keluarahan Tegal Gede Jember (foto: iNews.id)

JEMBER,iNews.id-1.303 warga dari tiga kelurahan di Kecamatan Sumbersari yakni Antirogo, Sumbersari dan Tegal Gede hari ini, Selasa (8/11) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bea Cukai sebesar RP. 300.000,00. Bantua ini dibagikan di kelurahan Tegal Gede, di Jalan Tawang Mangu, Kabupaten Jember.

 

Warga penerima bantuan tampak antusias memadati Pendopo kelurahan. Mereka mengantri untuk mendapat panggilan dari petugas.

 

Abdul Khamil, Lurah Tegal Gede menyampaikan, bantuan yang dicairkan kepada warga itu berasal dari Bea Cukai.

 

“Pencairan BLT bea cukai khususnya di tiga kelurahan ini, masing-masing penerima mendapat tiga ratus ribu,” jelas Abdul Khamil.

 

BLT ini sifatnya hanya sementara, sebab anggaran dananya bersumber dari Bea Cukai. Berbeda dengan bantuan BLT yang dana bantuanya bersumber dari pemerintah.

“Bantuan ini hanya untuk satu kali ini di akhir tahun ini saja,” kata Khamil.

 

Penerima bantuan ini adalah masyarakat yang tidak mampu yang sudah dilakukan verivikasi oleh Dinas Sosial Jember.

 

Surana, warga Dusun Jambuan, Kelurahan Antirogo mengaku senang mendapat blt tersebut, menurut dia sebelumnya tidak pernah mendapat bantuan blt. “Senang sekali. Sebelumnya tidak pernah dapat bantuan seperti ini. Untuk beli beras,” ujar perempuan paruh baya itu usai menerima bantuan.

 

Sementara itu menurut Kepala Dinas Sosial Jember, Akhmad Helmi Luqman menyampaikan bantuan BLT yang dicairkan kepada warga saat ini bagian dari penunjang program pemerintah untuk menekan dampak inflasi. Program BLT bea cukai ini kata Helmi dikhususkan kepada warga yang tidak mampu dan masyarakat petani tembakau di Jember. 

 

“Pembagian blt ini kepada masyarakat petani tembakau ataupun masyarakat miskin untuk menekan laju inflasi di Kabupaten Jember,” kata Helmi.

 

Adapun jumlah penerima bantuan seluruhnya menurut Helmi berjumlah Enam puluh tiga ribu tiga ratus tiga puluh lima (63.335) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebar di 31 Kecamatan di Jember. “Dari sekian jumlah penerima itu, didalamnya juga terdapat masyarakat nelayan, serta masyarakat yang tidak terdaftar di dalam program bantuan BLT BBM sebelumnya,” tukasnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.