get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Proyek Jembatan Gantung Senilai 2,8 M di Jember Sudah Mulai Rusak

Selasa, 27 September 2022 | 16:46 WIB
header img
Kondisi Jembatan Gantung yang Sudah Mulai Rusak (Foto: Naw)

JEMBER, iNews.id- Proyek milik Menteri PUPR berupa pembangunan Jembatan gantung senilai Rp2,8 Miliar yang berada di Dusun Ungkalan Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, sudah mulai rusak.

 

Terlihat, Proyek garapan PT. Mahameru Citra Perkasa, yang dikerjakan pada tanggal 21 Juni 2021, dan berakhir pada tanggal 19 Desember 2021 saat ini kondisinya sudah memprihatinkan.

 

Menandakan bahwa kwalitas dari pembangunan proyek tersebut kurang bagus. Bahkan nampak besi dan beton yang berfungsi sebagai penguat jembatan gantung penghubung Dusun Bregoh Desa Sumberejo dan Dusun Ungkalan Desa Sabrang ini, kawatnya juga sudah mulai jebol, disertai dengan papan teras yang juga sudah berlubang dan retak. 

 

Suparman salah seorang warga yang tinggal di daerah Jembatan itu menjelaskan, bahwa  besi tipis berlubang tersebut sudah cukup lama, mungkin sudah sekitar tiga bulanan. 

 

"Sejak ada panen semangka, ya kisaran tiga bulanan. Kalau lubangnya. Selain itu, sebelumnya ada papan nama, tulisannya mobil dilarang masuk, tapi ternyata masih ada yang masuk, ya mobil kecil-kecil itu," ujarnya  kepada media ini, Selasa (27/9/2022) 

 

Selain itu, lanjut dia, pengadukan Cor-coran beton di sebelah timur, justru dilakukan secara manual, tanpa dilengkapi bahan Ready Mix. Sehingga dipastikan Jembatan gantung ini, tidak akan awet. 

 

"Haruse Ready Mix, kalau kayak gini  gak mungkin bisa akan bertahan lama," jelas  Suparman warga yang tinggal di Dusun Bregoh Desa Sumberejo ini. 

 

Sementara Supri, Warga lain yang tinggal disekitar jembatan  gantung tersebut, turut menjelaskan bahwa,   perawatan proyek ini sangat jarang dilakukan, jika ada itu dilaksanakan di malam hari. 

 

"Mesti dilakukan secara rahasia, soalnya malam datangnya tukang las, sepisan tok wes, seperene blas ora onok, sampek jembatane jebol-jebol yho ora enek,"tegasnya

 

Senada dengan hal ini, Kepala Desa Sumberejo Riono Hadi menuturkan bahwa kerusakan jembatan gantung itu,  sudah berlangsung lama ketika dikunjungi  Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan

 

"Ya ketika ada kunjungan dari Zulkifli Hasan, sudah ada yang rusak-rusak, dan belum ada perbaikan sampai sekarang. Sebenarnya kalau dibiarkan membahayakan orang yang menyebrang,"tanggapnya

 

Senafas dengan hal ini, Kepala Desa Sabrang Zubairi Lutfi mengaku repot untuk bertindak, sebab jembatan gantung tersebut masih tanggung jawab rekanan, untuk masa perawatan. 

 

"Masak ya Desa, wong proyek ini masih ada garansinya hingga bulan 12 tahun 2022, masak dari Desa yang harus membenahi"keluhnya

 

Sebenarnya masalah kerusakan jembatan baru tersebut, lanjut Lutfi, sudah sering dikoordinasikan dengan dinas maupun kontraktor pelaksana, tetapi tidak begitu digubris. 

 

"Sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait, sampai kesel mas," pungkasnya

 

Sekilas info, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan meresmikan Jembatan gantung menuju Dusun Ungkalan Desa Sabrang itu pada tanggal 15 Maret 2022, saat melakukan safari politik di kabupaten Jember.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut