get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Renovasi Lapangan Golf Batal, Ini Kata Juru Bicara Fraksi GIB Dalam Rapat P-APBD Jember

Minggu, 25 September 2022 | 06:32 WIB
header img
Juru Bicara Fraksi GIB, Siswono (Foto: Naw)

JEMBER, iNews.Id- Sejumlah Fraksi DPRD Jember memberikan pandangan akhir terhadap Rancangan Perda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2022, di Aula PB. Soedirman (24/9/2022) 

 

Para legislator Parlemen menyoroti masalah gagalnya renovasi bangunan ‘Club House’ di Lapangan golf Glantangan, yang pada akhirnya anggaran yang disiapkan harus dialihkan di perubahan APBD 2022 ini. 

 

Juru Bicara Fraksi Gerakan Indonesia Berkarya (GIB) Siswono mengungkapkan, bahwa hal tersebut lantaran persoalan kerja sama operasional Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan PT perkebunan nusantara 12 sebagai pemegang hak guna usaha atau HGU atas lapangan golf tidak tuntas.

 

"Gagalnya rencana itu, membuktikan bahwa negosiasi pemerintah kabupaten dengan PTPN juga gagal, terhadap persoalan tersebut. Kami Fraksi GIB sangat menyayangkan karena sangat ditunggu oleh mereka yang ingin bekerja disana,"katanya. 

 

Padahal kata dia, Anggaran yang sudah disiapkan melalui APBD 2022 hampir mencapai Rp5 miliar , dan pada akhirnya gagal, sehingga, kata Siswono terpaksa harus dialihkan. 

 

"Karena ketidakmampuan pemerintah untuk mencarikan solusi kerjasamanya dengan PTPN 12.Lagi lagi gagal, lagi lagi gagal, karea tidak mampu!!," gerutunya

 

Lagi soal pariwisata, lanjut Siswono Program Bupati Jember Hendy Siswanto disektor tersebut, nampak sangat luar biasa, bahkan disiarkan  kepada media. 

 

"Namun, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak mampu mewujudkannya.Sebagai contoh, mangkraknya bangunan hotel dan kolam renang Kebun Agung di Gebang, Kecamatan Patrang. Hidup segan mati tidak mau itu,"katanya

 

Kalaupun bangunan itu mau di renovasi,sambung Siswono, hasilnya tidak akan  sebanding dengan pendapatan yang diperoleh, karena Rakyat takut untuk datang di kolam dan Hotel Kebun Agung. 

 

"Rakyat takut, rakyat jijik mau datang ke bangunan bagai sarang jin itu.Oleh sebab itu, kami Fraksi GIB meminta agar bangunan Kebun Agung dialih fungsikan peruntukannya ke yang lebih manfaat dan menghasilkan pendapatan,"jelasnya

 

Sementara Juru Bicara Fraksi Partai NasDem Budi Wicaksono menilai  masih terdapat beberapa rencana kegiatan yang tertuang di Perubahan APBD yang belum linier 

dengan program prioritas yang telah di tetapkan Bupati Jember sendiri.  

 

"Termasuk kegagalan Pemkab Jember menyelesaikan tanggungan 

hutang kepada pihak ke 3 & beberapa program yang tidak bisa terlaksana di 

tahun 2022 ini walaupun kami sudah bersusah payah memperjuangkannya," jelasnya

 

Menanggapi hal ini, Bupati Jember Hendy Siswanto pembayaran terhadap utang proyek Wastafel Covid-19, masih perlu dievaluasi, meskipun surat di Pengadilan Negeri sudah terbit. 

 

"Kita akan cek kelapangannya, kita akan periksa barangnya,apakah sudah terpasang atau belum, dan ini masih berlangsung, dan di anggaran tahun 2023 sudah kita siapkan,"

tanggapnya

 

Sementara untuk rencana perbaikan lapangan golf, kata dia, tender sudah selesai. Namun, pemkab Jember masih ragu, karena persoalan tanahnya belum juga selesai. 

 

"Dan itu belum selesai bener, jadi anggarannya kita ambil, kita alihkan ditempat yang lain. Supaya penyerapannya bisa maksimal," pungkasnya

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut