Lapas Jember Konsisten Lakukan Pemeriksaan Kepada Napi

Eko Riswanto
.
Senin, 19 September 2022 | 08:37 WIB
Petugas kesehatan saat melakukan pemeriksaan kepada Napi sebelum dimasukkan ke dalam tahanan di Lapas Kelas II A Jember. (Foto; iNews.id)

JEMBER, iNews.id-Untuk mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan Lapas kelas II A Jember pihak lapas terlebih dahulu memastikan kesehatan napi yang baru masuk dengan cara memeriksa kesehatanya.

 

“pengecekan tahanan baru kita bekerjasama dengan dokter dan perawat sebelum masuk kita tes dulu kesehatanya, untuk memastikan agar para napi benar-benar sehat dan tidak terindikasi virus Covid-19,” ujar 

Hendri Astronino Kasi Binadik Lapas Kelas II A Jember saat memeriksa tahanan baru kiriman dari Kejaksaan Negeri Jember, Jumat (16/9) lalu.

 

Menurut dia hal itu dilakukan untuk mengantisispasi adanya virus Covid 19 karena hingga saat ini keberadaanya masih ada, bahkan di Jakarta pun hingga saat ini trenya kembali naik.

 

“Untuk mengantisispasi agar tidak menularkan kepada anak warga binaan yang lain di dalam maka kita lakukakan pemeriksaan kesehatanya terlebih dahulu sebelum masuk,” ucapnya.

 

Tidak hanya saat masuk saja, dirinya memastikakan bahwa Lapas Jember secara rutin setiap hari melaksanakan pemeriksaan yang langsung dilakukan oleh perawat dan dokter mengecek dan memberikan obat secara langsung kepada warga binaan yang sakit atau yang gejala sakit.

 

“Rutin setiap hari. Jika pun semisal ada yang perlu penangan khusus seperti harus di opname, maka harus ada surat rujukan dari dokter,” jelas Hendri.

 

“Dokter memberikan persetujuan bahwa dia (yang bersamgkutan) harus di opname, karena di sini keterbatasan alat-alat medis, maka kita harus merujuk ke rumah sakit terdekat yabg sudah kerjasama dengan kami,” tambahnya.

 

“Kita lakukan seperti ini dengan harapan warga binaan di sini tetap sehat semua, terhindar dari Covid juga penyakit lainya,” pungkas Hendri. 

Editor : Abdul Muis Setiawan
Bagikan Artikel Ini