Dijuluki Queen of Fruits, Inilah Manfaat Manggis yang Perlu Diketahui

Intan Eka
Dijuluki Queen of Fruits, Inilah Manfaat Manggis yang Perlu Diketahui ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Buah manggis merupakan jenis buah yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Buah manggis rupanya menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Banyaknya manfaat buah manggis berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Buah manggis mengandung nutrisi seperti vitamin B2, vitamin C, asam folat, serat, magnesium, kalsium, dan juga xanthones yang bisa berperan sebagai senyawa antioksidan serta antiradang. 

Dibawah ini ada beberapa manfaat buah manggis yang baik untuk tubuh. 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Buah manggis mengandung banyak sekali vitamin C dan juga antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Antioksidan yang ada di dalam buah manggis juga dipercaya bisa mencegah radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. 

2. Meredakan Rasa Sakit 

Buah manggis mengandung banyak anti inflamasi yang dipercaya bisa meredakan peradangan pada tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa xanthone yang bisa meredakan rasa sakit seperti radang sendi, sakit pinggang, hingga kram saat menstruasi. 

3. Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat buah manggis selanjutnya adalah bisa memperlambat penuaan dini pada kulit wajah, tak jarang produk kecantikan banyak yang menggunakan ekstrak manggis untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Buah manggis mengandung banyak sekali antioksidan, salah satunya catechin yang bisa melindungi sel-sel sehat di kulit agar tidak mengalami kerusakan. Catechin juga mampu meningkatkan aliran darah dan juga bisa memberi nutrisi ke sel-sel kulit. Buah ini bisa memerangi infeksi kulit dari bakteri, sehingga bisa membuat kulit lebih kencang, bercahaya, dan juga awet muda. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung 

Buah manggis atau yang bisa disebut sebagai Queen of Fruits dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan yang mampu melancarkan aliran darah ke semua organ tubuh terutama ke daerah jantung. Oleh karena itu, buah ini dipercaya sangat efektif untuk mencegah penyakit pada jantung. 

5. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat buah manggis yang terakhir adalah mampu menjaga kesehatan otak. Pasalnya, buah ini mengandung antioksidan yang bisa mencegah berkumpulnya plak di sel-sel otak dan juga bisa meningkatkan memori atau daya ingat pada otak. Dengan rutin mengkonsumsi buah manggis sesuai kebutuhan tubuh mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit alzheimer. 

Itulah kelima manfaat manggis yang perlu diketahui. Semoga membantu.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network