Unik! Pantai dan Air Terjun yang Menyatu di Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Intan Eka
Unik! Pantai dan Air Terjun yang Menyatu di Pantai Banyu Tibo, Pacitan ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Selain dijuluki sebagai kota seribu goa, Pacitan juga memiliki destinasi wisata pantai yang memiliki pemandangan memukau. Salah satunya adalah Pantai Banyu Tibo. Wisata ini terletak di bagian selatan Kabupaten Pacitan atau lebih tepatnya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. 

Dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Banyu Tibo memiliki pemandangan alam yang cukup berbeda. Di pantai ini terdapat fenomena alam yang cukup unik dan jarang yaitu terdapat air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Fenomena ini menjadi daya tarik utama Pantai Banyu Tibo. 

Nama Banyu Tibo berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti air jatuh. Nama ini berasal dari air terjun yang berada di pantai tersebut. Air terjun ini sudah menjadi identitas dan juga ikon bagi Pantai Banyu Tibo. 

Pantai ini sebenarnya tak terlalu luas, sehingga saat air laut sedang surut, wisatawan bisa lebih leluasa bermain di pantai dengan pasir putih kecoklatan yang lembut ditambah dengan segarnya air terjun dari dekat. Sedangkan jika air laut sedang pasang, wisatawan bisa menikmati pemandangan dari atas tebing. Bebatuan yang ada di sekeliling pantai juga menambah keindahan alami dari Pantai Banyu Tibo ini. 

Untuk harga tiket masuk, wisatawan hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 3.000 dan Rp 5.000 untuk hari libur. Selain itu, jika membawa anak kecil akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 2.000 untuk hari biasa dan Rp 3.000 untuk hari libur serta ada tambahan biaya parkir sekitar Rp 5.000. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network