Molen, Jajanan Khas Bandung yang Penuh Sejarah

Intan Eka
Molen, Jajanan Khas Bandung yang Penuh Sejarah ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Molen terkenal sebagai salah satu makanan khas dari Bandung. Jajanan ini memiliki citarasa manis dengan berbagai macam isian seperti pisang, coklat, nanas, dan lain-lain, sehingga menjadi cemilan yang favorit semua orang. 

Molen berasal dari adonan tepung yang membalut isian lalu di goreng. Biasanya molen dijual dipinggir jalan atau di dekat sekolah. Jajanan ini memiliki sejarah yang unik dan tak boleh dilewatkan.

Molen pertama kali dipopulerkan sejak tahun 1990-an. Dalam novel Perang ( 1990 ) yang ditulis oleh Sastrawan Putu Wijaya, molen disajikan dalam sebuah sidang Amarta dalam kisah Pewayangan dalam perang besar Baratayuda.

Molen sering disajikan sebagai cemilan saat santai dan biasanya dijadikan teman ngopi dan teh. Dulu jajanan ini sering dihidangkan sebagai pencair suasana. Molen disajikan saat para punggawa berkumpul membacakan pidatonya. 

Kini molen semakin berkembang dan mulai dikreasikan sedemikian rupa agar semakin menarik perhatian. Bahkan kini molen sudah diberi topping seperti keju hingga green tea.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network