Mengenal Kue Yule Log Khas Eropa, Jajanan Wajib Saat Natal

Intan Eka
Yule log khas Eropa (Foto; Istimewa)

JEMBER,iNews.id - Yule log adalah salah satu kue yang sangat identik dengan perayaan Natal, terutama pada negara-negara di Eropa. Kue ini memiliki bentuk yang menyerupai batang kayu. Kue ini mirip dengan kue bolu yang digulung dengan krim. Setelah itu disiram dengan krim coklat di atasnya sehingga terlihat seperti kulit batang pohon. 

Biasanya kue ini dihias dengan berbagai ornamen seperti jamur dari meringue, tangkai holly marzipan, jaring laba-laba yang dibuat dari gula serta hiasan lainnya sehingga kue ini terlihat indah dan sayang untuk dimakan. 

Kue mirip batang kayu ini diberi nama Yule log. Sedangkan di Perancis kue ini disebut bûche de Noël. Kue ini berasal dari sebuah tradisi bakar kayu . Pada zaman Besi Eropa, orang  Celtic Brits dan Gaelic Eropa sedang mengadakan kumpul bersama untuk menyambut pergantian musim. Yakni dari musim dingin ke musim panas. Pada pergantian musim ini biasanya masyarakat Eropa akan mengadakan sebuah pesta untuk merayakan hari-hari yang akhirnya menjadi lebih panjang. Biasanya kegiatan ini dilakukan saat bulan Desember tiba. 

Jika musim panas tiba, matahari lebih lama bersinar dibanding saat musim dingin. Biasanya sebelum musim dingin berakhir, mereka selalu membakar batang kayu yang selalu dihias dengan holly, biji pinus atau tanaman ivy untuk membersihkan udara dan juga sebagai tanda bahwa musim semi akan tiba. Anggur dan garam selalu digunakan untuk meminyaki batang kayu.

Abu batang kayu yang telah dibakar dianggap sebuah harta yang sangat berharga. konon abu ini memiliki sebuah khasiat untuk pengobatan serta untuk menjaga diri dari kejahatan. Beberapa kelompok masyarakat juga berpendapat bahwa abu ini bisa melindungi diri dari petir.  

Saat agama Kristen muncul, tradisi ini tetap berlanjut meskipun dengan perayaan yang lebih kecil. Masyarakat akan tetap membakar kayu pada malam perayaan Natal di perapian yang sudah dibuat. Perapian yang digunakan jauh lebih kecil dari perayaan sebelumnya. Perapian ini sangat menginspirasi masyarakat dan akhirnya terjadilah pembuatan kue Yule log. 

Kue ini ada sejak tahun 1600-an. Dua hiasan yang paling sering digunakan adalah marzipan dan meringue. Kue bolu yang menjadi dasar kue batang kayu adalah salah satu kue tertua yang masih sering dibuat hingga saat ini. 

Resep kue bolu ini muncul pertama kali di sebuah buku hasil karya dari Gervase Markham yang berjudul  “The English Huswife”. Buku ini terbit pada tahun 1615. 

Pembuat roti di Paris berhasil mempopulerkan kue ini pada abad-19. Setiap toko terkenal di Paris selalu membuat dekorasi kue Yule log dengan variasi yang lebih rumit. Hingga saat ini hanya sedikit orang yang membuat Yule log dirumah, kebanyakan masyarakat selalu membeli kue ini di toko. Karena dianggap lebih praktis.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network