Lalampa Jajanan Khas Manado yang Lezat, Wajib Dicoba

Intan Eka
Lalampa Lemper Manado yang Lezat (foto: istimewa)

JEMBER,iNews.id - Lalampa merupakan salah satu makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Kue ini sekilas mirip Lemper Jawa. Hidangan ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun hotel berbintang.

Masyarakat setempat biasanya menyantap lalampa selagi hangat, sembari ditemani dengan teh manis atau kopi. Jika Lemper Jawa menggunakan isian daging ayam, Lalampa sendiri menggunakan ikan tongkol suwir yang pedas di tengah balutan beras ketan. Selain itu Lemper tak dipanggang seperti Lalampa. Kuliner ini juga sering disebut sebagai Lemper Manado

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat Lalampa adalah beras ketan, santan, daun pandan, garam, serta minyak goreng. Selain itu, bahan lain yang digunakan antara lain daging ikan tongkol yang cukup disuwir, bawang merah, bawang putih, kemiri yang sudah disangrai, cabai merah, daun pandan, merica butir, jahe, daun jeruk, kemangi, santan, tomat, air jeruk nipis, dan minyak.

Pertama, beras ketan yang sudah direndam selama 2 jam dikukus terlebih dahulu bersama dengan daun santan dan garam. Setelah matang, angkat beras ketan dan sisihkan. Panaskan santan sampai mendidih dan masukkan beras ketan ke dalam santan. Aduk hingga tercampur semua, dan jika sudah mengering kukus kembali ketan sampai matang. 

Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum. Masukkan daun jeruk, serai, serta jahe. Aduk hingga semua layu. Jika sudah layu, masukkan ikan tongkol yang sudah di suwir ke dalam wajan sambil diaduk terus menerus. Tambahkan daun kemangi, santan, tomat, serta perasan air jeruk nipis. Kecilkan api pada kompor, dan masak ikan suwir hingga mengering dan meresap sempurna. Jika sudah mengering, isian Lalampa siap digunakan.

Setelah dibentuk, Lalampa diolesi terlebih dulu dengan minyak sayur. minyak inilah yang membuat Lalampa menjadi lebih istimewa. Aroma dari Lalampa akan semakin kuat dan meresap kedalam. Jika membakar Lalampa harus diatas bara api yang sudah panas hingga daun berwarna kecoklatan, dan Lalampa siap dihidangkan

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network