5 Hidangan Kalimantan Timur yang Menggugah Selera

Intan Eka
Gence Ruan Hidangan Kalimantan Timur yang Menggugah Selera (foto: istimewa)

JEMBER, iNews.id - Jika ingin mengunjungi Kalimantan Timur ( Kaltim )  belum lengkap kalau tidak bisa mencicipi berbagai kulinernya. Meski memiliki ciri khas yang unik, makanan Kaltim selalu membuat siapa saja ketagihan saat pertama kali mencicipinya. 

Masakan Kaltim rata-rata memiliki citarasa pedas serta mengandung bumbu rempah-rempah yang kuat. Berikut ada beberapa masakan khas Kaltim yang wajib dicoba jika mengunjungi Kalimantan Timur

1. Gence Ruan

Gence Ruan merupakan makanan khas dari Kaltim, makanan ini sering disebut rica-rica khas Kutai Kartanegara. Nama Gence Ruan diambil dari bahan dasar pembuatan hidangan ini, yakni “ Gence” yang berarti bumbu khas hidangan ini sedangkan “ Ruan ” berasal dari nama Ikan Haruan atau Ikan Gabus sebagai bahan utama. 

Penyajian hidangan ini cukup sederhana, yaitu ikan dibakar atau digoreng kering dengan lumuran garam. Hidangan ini dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang kuat, sehingga memiliki citarasa yang pedas dan manis.

2. Sate Payau

Di Kalimantan Timur ada salah satu sate yang tak biasa karena berasal dari hewan buruan. Sate ini berupa daging payau atau rusa. Sate payau memiliki citarasa yang manis serta gurih, sate ini juga memiliki tekstur yang lembut. Makanan ini tergolong makanan yang langka karena tak semua kedai menjual Sate Payau ini. Masyarakat hanya bisa menjumpai hidangan ini saat ada festival atau acara adat yang diselenggarakan oleh provinsi saja. 

3. Nasi Bekepor

Nasi bekepor merupakan salah satu hidangan yang diwariskan oleh Raja Kutai Kartanegara. Sekilas nasi ini sama dengan nasi liwet, hanya saja diberi tambahan minyak sayur serta aneka bumbu rempah khas dan ikan asin. Nasi Bekepor sangat unik karena dimasak menggunakan alat khusus, yaitu ketel. Nasi Bekepor memiliki cara khusus untuk memasak hidangan ini, yakni beras dikukus bersama dengan bumbu khas Kalimantan Timur. Sebelum diangkat, nasi diberi campuran ikan asin, kemangi, cabai, serta jeruk nipis. Jika bagian pinggir nasi sudah berkerak, maka  nasi duah bisa diangkat dan dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk lainnya

4. Sambal Raja

Sambal Raja dulunya disajikan dengan Nasi Bekepor. Dulunya hidangan ini hanya disajikan khusus untuk Raja dari Kerajaan Kutai saja. Tetapi setelah berselangnya waktu, anggota kerajaan serta masyarakat biasa bisa mencicipi hidangan ini. Sambal Raja tak hanya berisi cabe yang diulek, ternyata hidangan satu ini lebih lengkap, seperti diberi tambahan sayuran. Sayuran yang dipakai berupa kacang panjang dan terong ungu. Juga Sambal Raja diberi irisan bawang merah serta telur rebus yang telah dilumuri bumbu pedas. 

5. Daging Masak Bumi Hangus

Makanan ini terbuat dari daging sapi yang telah dimasak dengan bumbu kecap. Uniknya, proses mengolah daging ini cukup lama, sehingga warna yang dihasilkan berubah menjadi warna hitam. Tapi, citarasa yang dihasilkan oleh kuliner ini sangat lezat. Apalagi rempah-rempah yang diolah bersamaan dengan daging ini meresap dengan sempurna sehingga kuliner satu ini sangat menggoda untuk dicicipi. Biasanya kuliner ini disajikan dengan Nasi Bekapor serta sayuran khas Kalimantan Timur lainnya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network