Peringkat 10, Kopi Asal Amerika Saingi Kopi Indonesia

Intan Eka
Biji Kopi Guetamala, Amerika Tengah

JEMBER,iNews.id - Guatemala adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Guatemala sendiri berada di Amerika Tengah. Kopi ini memiliki karakter yang unik. Kopi ini juga pernah masuk kedalam daftar 10 kopi terbaik di dunia. 

Tak hanya itu saja kopi khas dari Guatemala kini sudah bisa dinikmati oleh warga Indonesia. Beberapa kedai kopi di Jakarta sudah banyak yang menyajikan kopi ini.

Seperti dilansir dari sipcoffeehouse.com, kopi ini telah menduduki peringkat ke-10 pada tahun 2010 serta produksi biji kopi ini bisa mencapai 225 metrik ton.

Daerah yang biasanya dijadikan sebagai penghasil kopi di Guatemala yakni daerah Atitlan, Huehuetenango, serta Antigua yang paling terkenal. Indonesia sendiri mengimpor biji kopi dari daerah Antigua. Sebagian besar biji kopi yang diproduksi berupa jenis kopi arabika.

Aroma dari kopi guatemala sama seperti wangi jeruk dan bunga. Sedangkan rasa dari kopi ini hampir sama dengan cokelat dan kacang-kacangan. Dengan tingkat keasaman yang cukup dan bertekstur kental dan pekat.

Biji kopi ini pertama kali dibawa ke Guatemala pada tahu 1700-an. Pada saat itu, tanaman kopi dianggap seperti tanaman hias. Produksi biji kopi pada daerah ini dimulai dari tahun 1860-an.

Petani kopi di Guatemala telah mendirikan organisasi yang bernama  Asociación Nacional del Cafe. Organisasi ini secara langsung menaungi hal-hal yang berkaitan dengan kopi guatemala. Mulai dari penelitian, pemasaran, serta dukungan keuangan bagi petani kopi.

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network