get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

9 Petugas Damkar Baru di Jember Dilatih Penguatan Fisik dan Mental 

Rabu, 24 April 2024 | 15:22 WIB
header img
Petugas damkar baru mempraktekkan cara memadamkan api menggunakan Apar. (Foto: Eko)

JEMBER,iNewsJember.id - Sembilan (9) Petugas pemadam kebakaran (Dankar) diberi pembekalan sebelum diturunkan ke lapangan. Mereka adalah rekrutan tes ASN yang lulus tahun lalu dan ditempatkan di Damkar. Sembilan orang itu dilatih selama kurang lebih satu minggu agar kuat secara fisik dan mental.

Ketua Regu B Mako Damkar Jember, Dwi Atmoko, mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk membekali petugas yang baru agar saat diturunkan di lapangan sudah benar-benar siap. Selain dibekali materi di kelas, 9 petugas yang baru juga dilakukan simulasi cara menggunakan alat pemadam kebakaran, seperti menggunakan karung goni, apar, hingga water canon.

“Kami bekali secara ketat, kita latih selama satu minggu, dua hari materi dan lima hari praktek lapangan,” ujar Dwi Atmoko, Rabu (24/4/2024). Saat kegiatan pelatihan di Kantor Damkar Jember, Jalan Danau Toba, Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari.

Setelah menjalani pelatihan, selama kurang lebih dua bulan petugas baru akan mengikuti proses magang sebelum benar-benar terjun ke lapangan. Mulai dari metode evakuasi hingga cara-cara memadamkan api.

“Petugas baru digembleng secara fisik seperti dengan menarik beban dan naik turun tangga. Selain itu juga praktek memadamkan api menggunakan karung goni, apar, hingga water canon,” tambah Dwi Atmoko.

Sementara menurut Fitria Handayani salah satu peserta pelatihan mengatakan, selama pembekalan penanggulangan kebakaran yang paling banyak dilakukan adalah praktek daripada materi di kelas. Ia menuturkan bahwa tekhnik penyemprotan dengan menggunakan water canon yang paling susah diantara praktek memadamkan api dengan tekhnik lain.

“Yang perlu diperhatikan, adalah posisi kuda-kuda kaki. Saat menyemprotkan air bertekanan tinggi. Karena bila salah, akan terpelanting terdorong karena kuatnya tekanan air,” tukasnya.

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut