get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Kebakaran di Lereng Gunung Raung Disebabkan Faktor Alam

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 17:23 WIB
header img
Kebakaran di Lereng Gunung Raung Disebabkan Faktor Alam

 

JEMBER,iNewsJember.id- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di lereng Gunung Raung Jember, Jawa Timur, Kamis (5/10) malam. Penyebab terjadinya kebakaran itu diduga karena faktor alam.

“Ini sepertinya karena memang kemarau panjang, di sana tanaman pinus sama semak-semak,” jelas Penta Satrea, Kabid kedaruratan BPBD Jember, Jumat (6/10).

Kejadian itu lantas menjadi perhatian khusus dari BPBD, pihaknya terus melakukan pemantauan serta mendirikan posko di sekitar lokasi di desa Badean, Kecamatan Bangsalsari.

“Petugas melakukan pemantauan secara visual di Pos Badean karena hingga kini lokasi terjadi kebakaran belum bisa dipastikan akibat kondisi geografis  sulit dijangka.” Kata Penta.

"Kami rapat koordinasi dengan pentahelik tersebut untuk bekerja sama melakukan mitigasi dan penanganan kebakaran yang terjadi di lereng gunung argopuro karena awalnya titik api tersebut terpantau melalui aplikasi 'Sipongi' di kawasan hutan milik Perhutani," jelasnya.

Sipongi merupakan aplikasi dikembangkan Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menjadi rujukan utama informasi kebakaran hutan dan lahan.

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut