get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

PT KAI Daop 9 Pajang Lokomotif Seri D301 13 di Jalan PB Sudirman Jember

Jum'at, 22 September 2023 | 14:46 WIB
header img
Lokomotif seri D301 13 saat diturunkan di Jalan PB Sudirman, Kecamatan Patrang. (Foto: Eko Riswanto)

JEMBER,iNewsJember.id- Sebuah lokomotif dengan nomor seri D301 13 diturunkan ke Jember, Jawa Timur, Jumat (22/9). Lokomotif jenis desel pertama ini didatangkan dari Cilcap, Jawa Tengah akan dijadikan monumen di area perkantoran PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 di Jalan PB Sudirman, Kecamatan Patrang, Jember.

“Lokomotif ini akan dijadikan pajangan sebagai monumen sekaligus sebagai penanda keberadaan Stasiun Jember dan area perkantoran KAI,” ujar Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Anwar Yuli Prastyo.

"Hari ini KAI Daop 9 Jember mendatangkan lokomotif dengan nomor seri D301 13 dari Stasiun Cilacap untuk ditempatkan sebagai monumen di Jl. PB Sudirman, Patrang, Jember," kata Anwar Yuli Prastyo.

Lebih lanjut Anwar mengatakan, setelah lokomotif diletakkan pada tempatnya, masyarakat belum bisa langsung menggunakannya untuk berswa foto atau sekedar nongkrong di sekitar lokasi karena lokomotif masih akan dilakukan restorasi dan pengecatan ulang agar tampilannya lebih menarik. Selain itu juga masih akan dilakukan penambahan alat pengaman dan aksesoris di sekitar lokasi untuk tambah mempercantik kawasan tersebut.

"Lokomotif tersebut sudah tidak dioperasikan sejak tahun 2018, untuk itu beberapa bagian perlu dilakukan perbaikan dan pengecatan ulang agar tampilannya lebih menarik. Selain itu juga akan dipasang pengaman agar keberadaannya tidak dirusak oleh tangan-tangan jahil setelah nantinya diresmikan," terang Anwar.

Anwar, berharap hadirnya monumen lokomotif ini bisa menjadi ikon baru dan salah satu landmark kebanggaan masyarakat Jember.

Editor : Eko Riswanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut