get app
inews
Aa Read Next : Kekeringan Semakin Meluas, PMI Jember Distribusikan Air Bersih Kepada Warga

ITS Mandala Kerjasama dengan UDD PMI Jember

Senin, 11 September 2023 | 20:18 WIB
header img
ITS Mandala Kerjasama dengan UDD PMI Jember

JEMBER,iNewsJember.id – KSR PMI Unit Institut Teknologi dan Sains (ITS) Mandala Jember berkerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember mengadakan donor darah sukarela, Senin 11 September 2023. Hasilnya, dari 51 relawan pendonor yang daftar hanya 17 yang lolos untuk donor darah. Berarti ada 34 orang yang tidak lolos. Sehingga, KSR PMi Unit ITS Mandala menyumbangkan 17 kantong darah. 

Irmawatiningsih, Ketua KSR PMI Unit ITS Mandala  Jember menjelaskan, kegiatan donor darah sukarela ini sebagai kegiatan rutin. Kegiatan ini sudah menjadi program kerja. “Kegiatan donor darah kerjasama dengan UDD PMI kabupaten Jember ini rutin dilaksanakan KSR PMI Unit ITS Mandala,” kata Irmawatiningsih. 

Dia menuturkan, relawan pendonor yang daftar sejatinya banyak. Dari mahasiswa, dosen ataupun karyawan ITS Mandala. Ada juga dari masyarakat umum. “Tetapi dari 51 yang donor ada 34 yang tidak lolos karena tensi, HB darahnya tidak standar saat screening. Bagi yang tidak tidak standar tidak diperbolehkan donor dulu,” ujarnya. 

Dia mengakui, rata-rata para pendonor memang dari mahasiswa ITS Mandala. “Mungkin karena bayak yang begadang sehingga tensi terlalu rendah dan akhirnya tensi terlalu rendah saat discreening,” ujarnya. 

Padahal, banyak mahasiswa, khususnya dari lingkaran pengurus KSR PMI Unit ITS Mandala sendiri yang ikut donor darah. “Kebanyakan pengurus yang daftar, banyak juga dari mahasiswa umum,” ujarnya. 

Selain donor darah, KSR PMI Unit ITS Mandala juga mengadakan sosialisasi dan edukasi” KSR PMI Uni ITS Mandala juga aktif menginformasikan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan serta masyarakat umum tentang pentingnya donor darah, manfaatnya, serta prosesnya,” ujarnya. Dia menjelaskan, setetes  darah yang disumbangkan bisa menyelamatkan  nyawa orang lain.

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut