get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

PMR Wira SMA Rambipuji Jember Sumbang 16 Kantong Darah

Selasa, 01 Agustus 2023 | 20:33 WIB
header img
Kegiatan donor darah di SMA Negeri Rambipuji Jember

JEMBER, iNewsJember.id - Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMA Negeri Rambipuji Kabupaten Jember berhasil menyumbangkan sedikitnya 16 kantong darah melalui kegiatan donor darah yang diselenggarakan bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian aksi menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

 “Kita dari PMR Wira SMA Negeri Rambipuji sudah lama bekerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Jember untuk adakan kegiatan donor darah sukerala di sekolah,” Ketua PMR Wira SMAN Rambipuji Siti Winur Umiyah. 

Dalam kegiatan donor darah tersebut, PMR Wira SMA Negeri Rambipuji bekerja sama dengan UDD PMI Kabupaten Jember untuk memfasilitasi kegiatan rutin donor darah di sekolah. Namun, dari 25 anggota PMR, karyawan, dan guru SMAN Rambupuji yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam donor darah, terdapat sembilan orang yang tidak lolos screening yang dilakukan oleh petugas UDD PMI Kabupaten Jember.

Ketua PMR Wira SMAN Rambipuji, Siti Winur Umiyah, menjelaskan bahwa kerjasama dengan UDD PMI sudah berlangsung lama. PMR Wira SMA Negeri Rambipuji memiliki tugas pokok dan fungsi untuk membantu UDD PMI Kabupaten Jember dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah, dan hal ini menjadi bagian dari tugas mereka sebagai PMR.

Selain mengadakan donor darah, PMR juga bertanggung jawab untuk menyosialisasikan pentingnya donor darah kepada teman-teman mereka. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai donor darah, terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan donor darah sebelumnya.

“Kami juga aktif melakukan sosialisasi tentang donor darah kepada teman-teman kami karena banyak diantara mereka yang baru pertama kali donor  darah,” terangnya.

“Ini sudah menjadi tugas kami sebagai PMR untuk membantu PMI dalam kegiatan donor darah. Wujudnya ya kegiatan donor darah seperti ini,” tambahnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah akan semakin meningkat, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan darah bagi penderita yang memerlukan transfusi darah dan mendukung ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Jember.

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut