get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Sambut Hari Adyaksa ke-63, Kejari Jember Gelar Donor Darah

Senin, 17 Juli 2023 | 18:32 WIB
header img
Kegiatan donor darah di kantor Kejaksaan Negeri Jember.

JEMBER, iNewsJember.id – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adyaksa ke 63 Kejaksaan Negeri Jember menggelar bakti sosial donor darah. Kegiatan donor darah berlangsung di kantor Kejari Jember Jl. Karimata, Senin (17/07).

Seluruh jajaran pimpinan dan pegawai kejaksaan ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya. Dalam kegiatan ini berhasil mengumpulkan 25 kantong darah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri Jember yang sudah bersedia sedekah dengan ikut donor darah. Kami ucapkan Hari Adyaksa,” kata Humas PMI Kabupaten Jember Ghufron Evian Efendy. 

Sayangnya, ada 15 jaksa dan pegawai kejaksaan yang tidak bisa melanjutkan donor darah karena tidak lolos screening. Meski demikian, para jaksa dan pegawai Kejari Jember senang bisa membantu sesama dengan menyumbangkan 25 kantong darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. 

“Pak Jaksa dan para pegawai, ada juga dari masyarakat umum yang ikut donor darah. Setetes darah yang disumbangkan bisa jadi menyelamatkan sesama yang sedang membutuhkan,” ungkapnya. 

“Jika tidak lolos maka petugas kesehatan PMI akan memberi tahu tensi dan HB-nya. Tentu petugas juga akan memberikan saran agar tensi dan HB-nya nomal kembali,” terangnya. 

Darah dari pendonor nantinya akan dites  untuk penyakit HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C ada juga hingga malaria.  Kemudian  akan meningkatkan produksi sel darah. Donor darah  bisa meningkatkan produksi sel darah merah, lho. Setelah melakukannya, sel darah memang akan berkurang.   Kemudian menjaga kesehatan jantung. Donor darah  juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri.

Editor : Eko Riswanto

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut