get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Wajib Coba, Inilah 5 Rekomendasi Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

Kamis, 09 Maret 2023 | 12:58 WIB
header img
Wajib Coba, Inilah 5 Rekomendasi Minuman Segar untuk Berbuka Puasa ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Bulan Ramadhan 1444 Hijriah akan segera tiba. Semua umat Islam di dunia akan menjalankan ibadah puasa. 

Pada hari pertama puasa, tubuh pastinya akan membutuhkan adaptasi agar terbiasa dengan pola hidup baru selama satu bulan kedepan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, mengkonsumsi minuman segar untuk berbuka puasa adalah pilihan yang sangat tepat. 

Berikut ada 5 rekomendasi minuman segar untuk berbuka puasa.

1. Es teler

Es teler adalah salah satu minuman segar yang cocok untuk berbuka puasa. Perpaduan antara buah alpukat, nangka, daging kelapa, dan susu kental manis dengan tambahan es serut tentunya bisa mengobati rasa haus setelah seharian beraktifitas. 

2. Sop buah

Sop buah adalah minuman segar pelepas dahaga yang sangat cocok untuk berbuka puasa. Minuman dari aneka buah ini bisa mengobat tenggorokan yang kering. Biasanya sop buah dibuat menggunakan campuran berbagai jenis buah seperti buah naga, blewah, stroberi, alpukat, mangga, semangka, dan masih banyak lagi. Kemudian campuran buah ini diberi susu kental manis serta sirup sebagai pelengkap. Jangan lupa untuk tambahkan es batu dan juga biji selasih sesuai selera. 

3. Es blewah 

Es blewah adalah buah yang memiliki kandungan air yang sangat banyak, sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai menu berbuka puasa. Cara membuat es blewah ini sangat mudah, yakni cukup serut blewah dan campurkan dengan gula atau sirup serta campuran es batu. 

4. Es kopyor

Selanjutnya ada es kopyor, minuman ini sangat cocok untuk melepas dahaga saat berbuka. Perpaduan antara dinginnya es serta manisnya sirup mampu meredakan tenggorokan yang kering. Es kopyor biasanya disajikan dengan campuran agar-agar, gula pasir, susu kental manis dan sirup sesuai selera. Jika terlalu kental bisa tambahkan air, setelah itu tinggal diberi tambahan es batu. 

5. Es kelapa

Kelapa memang terkenal memiliki kesegaran yang tiada tara, sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain bisa menyegarkan, ternyata kelapa juga bisa membantu menghidrasi tubuh dengan cara mengganti ion tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian. Cara membuat es kelapa ternyata sangat mudah, cukup campurkan gula cair dan juga es batu. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut