get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

4 Rekomendasi Makanan Khas India yang Mendunia

Kamis, 23 Februari 2023 | 15:23 WIB
header img
4 Rekomendasi Makanan Khas India yang Mendunia ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - India sejak lama dikenal sebagai produser industri Bollywood. Film-film yang diproduksi India sangat populer hingga di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan film saja, India juga memiliki kuliner yang sangat nikmat.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia sendiri terdapat sejumlah restoran yang menjual makanan dan minuman khas dari India.Makanan khas India ini terkenal dengan aroma rempah-rempah yang sangat kuat. 

Yang paling banyak digunakan dalam makanan India adalah jintan dan kapulaga. Kedua rempah-rempah ini tak pernah ketinggalan di dalam bumbu masakan India.

Berikut ada 4 Makanan India yang terkenal lezat dan nikmat.

1. Kofta

Kofta merupakan makanan India yang berbentuk bulat seperti bola. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang diolah sedemikian rupa menjadi hidangan yang lezat.Kofta sering dijadikan sebagai menu yang sangat spesial. Bagi yang tidak menyukai daging kambing, tak perlu khawatir karena hidangan ini sudah dikombinasikan dengan berbagai jenis sayur-sayuran. Khususnya bagi seorang vegetarian, lemak dan serat di dalam makanan ini akan seimbang. Makanan ini memiliki aroma rempah yang kuat, sehingga bau prengus dari daging kambing tidak akan tercium

2. Chole

Chole adalah hidangan sayuran kari yang sudah banyak ditemukan di India bahkan restoran India di Indonesia. Makanan ini berbahan dasar kacang buncis yang direndam selama semalaman agar memiliki tekstur yang sangat empuk. Kemudian chole dimasak menggunakan yogurt, bawang bombay, tomat dan juga pasta yang diberi campuran bawang putih,jahe, dan bumbu kari khas India. Biasanya kari buncis ini disantap dengan roti goreng beragi khas India yang mirip dengan poori atau bhatura. Bhatura sendiri adalah roti yang berbentuk lebar tapi tidak ada isinya, dan biasanya dimasak dengan cara digoreng.

3. Tandoori Ayam

Tandoori ayan adalah kuliner khas India yang sangat lezat, hidangan ini juga terkenal unik.Menariknya, kudapan satu ini dimasak menggunakan oven tradisional yang terbuat dari tanah liat, yang dinamakan dengan tandoori.

Makanan ini terbuat dari daging ayam yang direndam lebih dulu menggunakan berbagai macam rempah,dan campurkan yogurt selama 6 jam di lemari pendingin. Hal ini sangat berguna agar dagingnya menjadi lembut saat dioven.

4. Rajma Masala

Rajma masala merupakan makanan khas India yang sangat cocok dikonsumsi saat menjalani diet, sebab terbuat dari berbagai biji-bijian. Masyarakat India sangat senang mengkonsumsi makanan ini. Rajma masala umumnya terbuat dari kacang merah. Biasanya masyarakat mengkonsumsi makanan ini sebagai menu sarapan.Cara untuk membuat hidangan ini sangat mudah, yakni cukup merebus kacang merah,setelah matang ditiriskan. Kemudian kacang ini ditumis menggunakan berbagai bumbu-bumbu yang terdiri dari jinten,garama masala, bubuk cabai dan juga kunyit.Campurkan kacang merah dalam bumbu dan masak hingga matang sempurna.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut