get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

5 Tips Mudah Jaga Kesehatan Usus

Rabu, 22 Februari 2023 | 10:58 WIB
header img
5 Tips Mudah Jaga Kesehatan Usus ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Menjaga sistem pencernaan ternyata sangat penting bagi kesehatan. Tak hanya lambung yang penting untuk diperhatikan tetapi juga usus.

Kesehatan usus bisa mempengaruhi setiap bagian tubuh seperti organ kulit, sistem kekebalan tubuh, siklus tidur, jantung, otak, dan lain-lain.

Maka dari itu, kesehatan usus di dalam tubuh itu penting. Bagaimana cara untuk merawat usus ? Simak penjelasan berikut ini.

1. Konsumsi lebih banyak serat

Dengan memenuhi kebutuhan serat didalam tubuh ternyata bisa menjaga kesehatan usus besar. Makanan yang mengandung banyak serat bisa membuat feses menjadi lunak sehingga waktu transit di dalam usus besar bisa lebih cepat. Tak hanya itu saja, serat bisa menghilangkan bakteri jahat serta mencairkan efek dari senyawa yang beracun.

2. Jangan lupakan probiotik

Di dalam usus terdapat banyak sekali bakteri menguntungkan yang bisa memperkuat sistem antibodi tubuh dan juga bisa membersihkan kotoran di dalam perut.Jika kekebalan tubuh bisa optimal, tubuh bisa lebih efektif untuk mengurangi peradangan kronis yang bisa menyembuhkan kebocoran di dalam usus. Probiotik bisa didapatkan di dalam sayuran fermentasi seperti kimchi.

3. Mengkonsumsi makanan dan minuman pahit

Minuman pahit seperti teh dandelion,arugula,bayam,kunyit,dan kangkung ternyata bisa merangsang produksi alami enzim pencernaan. Makanan dan minuman pahit juga bisa membantu empedu untuk bekerja lebih baik.

4. Kunyah Makanan

Ketika makan sebaiknya mengunyah makanan dengan baik. Jangan makan terburu-buru dan langsung ditelan,jika hal itu terjadi maka usus akan bekerja lebih berat untuk mengolah makanan. Sebaiknya gunakan metode mengunyah yang baik sebab bisa membantu usus mencerna makanan lebih cepat. Air liur juga memiliki banyak sekali enzim yang bisa mempercepat proses pencernaan.

5. Mengurangi mengkonsumsi processed food atau makanan olahan

Kesehatan usus bisa terjaga dengan mengurangi mengkonsumsi makanan olahan seperti ham, sosis,bacon, smoked beef, dan juga makanan kaleng. Seperti diketahui makanan kaleng adalah tantangan berat bagi sistem pencernaan. Makanan olahan ini memiliki kandungan serat yang sangat kecil sehingga sangat sulit untuk dicerna. Selain itu makanan olahan bisa memperparah tingkat keasaman pada usus.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut