get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Punya Kadar Estrogen Tinggi ? Hindari 4 Makanan Ini!

Rabu, 15 Februari 2023 | 11:04 WIB
header img
Punya Kadar Estrogen Tinggi ? Hindari 4 Makanan Ini! ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Hormon estrogen atau yang lebih dikenal dengan sebutan “ hormon wanita “ ini, ternyata memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Terutama dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita. Tak hanya bermanfaat untuk kaum wanita saja, hormon ini juga bermanfaat untuk kaum pria. 

Hormon estrogen sangat berperan untuk metabolisme tubuh dan juga kepadatan tulang. Namun, jika tubuh kebanyakan hormon estrogen ternyata bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan resiko kanker, endometriosis, dan juga sindrom ovarium polikistik (PCOS) pada wanita. 

Menurut para ahli, dominasi hormon estrogen bisa membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur, menurunkan gairah seks, rambut rontok berlebihan, sering mengalami migrain dan juga infertilitas, hingga masalah ereksi pada pria. Jika memiliki tingkat estrogen yang tinggi, sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan tertentu. 

Berikut ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat memiliki tingkat estrogen yang tinggi. 

1. Susu dan Produk Olahannya 

Susu dan segala produk olahannya atau biasa disebut dairy food, memiliki komponen estrogen yang sangat tinggi terutama pada susu yang berasal dari hewan. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki tingkat estrogen yang tinggi sebaiknya membatasi asupan susu dan produk susu lainnya. Agar hormon estrogen didalam tubuh bisa lebih stabil. 

2. Daging Merah dan Daging Olahan

Menurut penelitian, daging merah dan juga olahan produk daging bisa menyebabkan hormon estrogen di dalam tubuh menumpuk. Apabila kondisi ini terjadi pada wanita, maka resiko terkena penyakit kanker payudara bisa lebih meningkat.

3. Kacang-kacangan

Menurut beberapa ahli mengatakan jika memiliki hormon estrogen yang tinggi sebaiknya mengurangi asupan kacang-kacangan dan juga kedelai sebab keduanya memiliki fitoestrogen yang tinggi. 

4. Gula dan Karbohidrat

Kedua komponen ini bisa menjadi penyebab terjadinya berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsi kedua komponen ini secara berlebihan, maka tubuh bisa mengalami gangguan kadar gula darah dan juga hormon. Sebaiknya pilihlah biji-bijian yang utuh dengan makanan yang kaya akan serat agar jumlah hormon estrogen di dalam tubuh bisa menurun. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut