get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Sering Mood Swing? Perbanyak Konsumsi 4 Makanan Ini

Selasa, 14 Februari 2023 | 10:07 WIB
header img
Sering Mood Swing? Perbanyak Konsumsi 4 Makanan Ini ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Makanan tak hanya berpengaruh pada sistem pencernaan tubuh, tetapi juga bisa mempengaruhi mood. Makanan yang dikonsumsi, ternyata bisa berdampak pada suasana hati seseorang. 

Saat tubuh terlalu banyak mengkonsumsi junk food atau cemilan yang memiliki kalori yang tinggi ternyata bisa membuat seseorang lebih mudah mengalami mood swing atau suasana hati cepat berubah dalam waktu yang singkat. Sebaliknya jika mengkonsumsi makanan yang sehat ditambah dengan olahraga serta istirahat yang cukup ternyata bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Menurut ahli gizi, kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan ternyata sangat berperan penting dalam suasana hati seseorang. 

Lantas seperti apa makanan yang bisa menjaga suasana hati tetap baik ? Berikut ada beberapa macam makanan yang bisa menjaga suasana hati.

1. Buah-buahan Beri

Buah beri seperti mulberry, blueberry, dan juga stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini ternyata terbukti bisa menjaga suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu kandungan antioksidan bisa membantu tubuh mengatasi mood swing, sekaligus meningkatkan hormon bahagia. 

2. Bayam 

Bayam mengandung zat besi yang bisa menjadi pembangkit nutrisi di dalam tubuh. Bayam juga dipercaya bisa membantu tubuh meningkatkan suasana hati. Sayuran yang berwarna hijau seperti bayam memiliki kandungan zat besi, magnesium dan juga zat lainnya yang bisa bekerja sebagai antidepresan di dalam tubuh. 

3. Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi ini memiliki hubungan intrinsik antara usus dan juga pikiran manusia. Hal inilah yang menyebabkan usus disebut sebagai pikiran kedua. Dengan mengkonsumsi yogurt dan kimchi atau makanan fermentasi lainnya ternyata bisa meningkatkan mood seseorang. Karena makanan seperti yogurt, kiwi, kimchi, ataupun kanji merupakan sumber probiotik yang bisa bekerja dengan baik di dalam usus. Hal inilah yang bisa menyebabkan mood seseorang menjadi lebih baik. 

4. Protein

Protein memang diperlukan oleh tubuh sebagai bahan penyusun. Asam Amino yang ada di dalam protein bisa bertindak sebagai neurotransmiter, yang bisa membantu tubuh memperbaiki suasana hati.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut