get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Perut Jadi Buncit ? Kenali 4 Faktor Penyebabnya

Senin, 13 Februari 2023 | 10:25 WIB
header img
Perut Jadi Buncit ? Kenali 4 Faktor Penyebabnya ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Perut buncit sering mengganggu penampilan, sehingga badan terlihat kurang bagus untuk dilihat. Selain itu, perut buncit seringkali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Tak hanya itu saja, seseorang yang memiliki perut buncit seringkali mengalami masalah tentang kesehatan. 

Lantas apa saja faktor pendorong yang bisa membuat perut menjadi semakin buncit ? Simak dibawah ini ada beberapa faktor penyebab perut menjadi buncit

1. Alkohol

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan alkohol tinggi bisa menyebabkan sebuah peradangan, penyakit pada organ hati, mengidap penyakit kanker tertentu, dan bisa mengalami penambahan berat badan secara drastis atau obesitas. Dengan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan mengakibatkan akumulasi lemak visceral yang sangat besar. 

Lemak visceral merupakan lemak yang tersembunyi di sekitar rongga perut. Lemak ini dikenal juga sebagai lemak aktif yang bisa mempengaruhi fungsi hormon di dalam tubuh.. 

2. Lemak Trans

Lemak trans merupakan salah satu jenis lemak yang paling tidak sehat. Sebab lemak trans bisa menaikkan kolesterol jahat  ( LDL ) serta bisa menurunkan kadar kolesterol baik ( HDL ). Lemak ini terbukti bisa menambah resiko terkena penyakit jantung koroner ( PJK ) serta penyumbatan pada pembuluh darah. PJK ini merupakan salah satu pembunuh no.1 di Indonesia. 

3. Stres dan Kortisol

Kortisol merupakan hormon terpenting yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Hormon ini juga disebut sebagai hormon stres sebab bisa membantu tubuh merespons ancaman atau stres fisik serta psikologis. 

Stres kronis bisa menyebabkan lemak visceral menjadi terakumulasi dan membuatnya sulit untuk dihilangkan. Lemak visceral juga bisa membuat produksi kortisol meningkat. Dengan adanya tingkat kortisol yang tinggi, seseorang akan lebih memilih makanan berkalori tinggi. Hal ini bisa menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.  

Stres kronis juga bisa mempengaruhi perilaku gaya hidup, mulai dari perilaku negatif, kualitas tidur yang berantakan, serta mempengaruhi aktivitas fisik. Kelebihan lemak pada perut juga bisa meningkatkan kadar kortisol serta mendorong terjadinya siklus negatif stres kronis ini.  

4. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan juga minuman manis ternyata bisa menyebabkan asupan gula di dalam tubuh akan meningkat. Asupan gula yang tinggi selalu dikaitkan dengan peningkatan lemak visceral. Dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan lonjakan gula darah sementara. Kondisi ini akan membuat tubuh merasa cepat lapar, sehingga bisa membuat perut cepat membuncit. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut