get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

Perlu Tau! Saat Cuaca Ekstrim Tubuh Membutuhkan 4 Jenis Vitamin Ini

Sabtu, 11 Februari 2023 | 15:13 WIB
header img
Perlu Tau! Saat Cuaca Ekstrim Tubuh Membutuhkan 4 Jenis Vitamin Ini ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Cuaca yang tak menentu, kadang panas dan kadang hujan seringkali membuat tubuh mengalami sakit influenza dan juga masuk angin. Cuaca ekstrim ini bisa membuat daya tahan tubuh melemah serta mudah terserang penyakit influenza.

Ternyata ada sejumlah vitamin yang sangat cocok dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai macam vitamin dibawah ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh terutama saat menghadapi cuaca ekstrim ini. 

1. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu saja, vitamin D bisa mencegah terjadinya infeksi akibat penyakit menular. Vitamin D banyak terdapat di dalam hati sapi, minyak ikan kod, ikan sarden dan juga di dalam beberapa suplemen kesehatan. 

2. Vitamin C

Vitamin C terkenal mampu meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Saat kekurangan vitamin C, tubuh lebih rentan terserang penyakit menular dan juga infeksi. Pada wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C sebanyak 75 miligram per hari sedangkan pada laki-laki sebanyak 90 miligram per hari. 

Vitamin C banyak terdapat di dalam suplemen. Selain itu sumber vitamin C alami terdapat di dalam buah jeruk, brokoli, stroberi, paprika, bayam dan juga kale. Sayur dan buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

3. Vitamin B

Tubuh memerlukan vitamin B6, sebab vitamin ini bisa membantu memproduksi sel darah merah dan juga putih. Sel darah merah dan putih bisa membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit menular seperti influenza.

Sumber vitamin B6 selain suplemen, yakni daging ayam, ikan tuna, ikan salmon, pisang dan juga kacang polong. Beberapa sereal yang biasa dijual di supermarket kini sudah ada yang memiliki kandungan vitamin B6 ini. 

4. Vitamin E

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, vitamin E juga bisa melindungi tubuh dari resiko terpapar infeksi. Vitamin E sangat cocok dikonsumsi jika banyak orang terserang penyakit influenza.

Vitamin ini banyak diperoleh dari kacang kedelai, kacang tanah, minyak dan bunga matahari, sayuran hijau, kacang almond, labu dan juga buah alpukat. 

Jika sudah terlanjur terserang influenza sebaiknya cepat ditangani dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan juga bervitamin. Ada dua nutrisi penting yang bisa mempercepat proses pemulihan, yakni vitamin C dan juga zinc. 

Zinc merupakan nutrisi penting yang bisa membantu tubuh dalam memerangi infeksi. Jika sudah terserang influenza dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C sebanyak 100 miligram per hari atau bisa disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut