get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Jenis Makanan Ini Berpotensi Sebabkan Kanker Payudara

Jum'at, 10 Februari 2023 | 15:14 WIB
header img
5 Jenis Makanan Ini Berpotensi Sebabkan Kanker Payudara ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Makanan penyebab kanker payudara sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan. Menurut sebuah penelitian, diet memainkan peranan penting untuk menurunkan serta mengurangi resiko berkembangnya jenis kanker tertentu. 

Makanan yang dikonsumsi bertanggung jawab sekitar 30 hingga 40 persen dari semua jenis kanker yang ada termasuk kanker payudara. Oleh sebab itu, tubuh perlu mengkonsumsi makanan sehat agar terhindar dari gejala penyakit kanker. 

Tak hanya bisa berasal dari makanan, ada banyak faktor penyebab kanker payudara yang tak bisa dikendalikan, seperti faktor genetika, riwayat keluarga, usia dan beberapa penyebab lainnya. 

Berikut ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan kanker payudara. 

1. Makan Mentah 

Dengan mengkonsumsi makanan mentah seperti telur mentah sangat tidak dianjurkan bagi penderita kanker termasuk kanker serviks dan juga payudara. Telur yang tidak dimasak dengan benar, banyak mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan infeksi serta gejala yang sama dengan produk susu yang sudah terkontaminasi. 

2. Makanan Non Organik 

Makanan yang diolah dengan pestisida dan herbisida memiliki kandungan residu yang membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa pestisida jenis tertentu bisa mengakibatkan kanker. Salah satu pestisida yang berbahaya namun hingga kini masih digunakan adalah asam diklorofenoksiasetat. Kandungan pestisida ini bisa mengganggu endokrin yang bisa meniru estrogen yang selalu dikaitkan dengan kanker. 

3. Gorengan 

Dalam sebuah penelitian terhadap 620 wanita di bawah usia 50 tahun menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang digoreng bisa menjadi penyebab mereka terkena penyakit kanker payudara.

4. Makanan Manis 

Makanan dan minuman manis ternyata bisa meningkatkan berat badan seseorang. Kondisi ini bisa meningkatkan resiko jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara. 

5. Alkohol 

Sering mengkonsumsi minuman beralkohol ternyata bisa mengganggu fungsi kekebalan pada tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh susah untuk menargetkan sel-sel prakanker dan juga kanker. Pada wanita, alkohol bisa meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat resiko kanker payudara semakin meningkat.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut