get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

5 Bumbu Dapur yang Bisa Menurunkan Kolesterol di Dalam Tubuh

Rabu, 08 Februari 2023 | 13:40 WIB
header img
5 Bumbu Dapur yang Bisa Menurunkan Kolesterol di Dalam Tubuh ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Beberapa bumbu dapur ternyata bisa digunakan sebagai penurun kolesterol tinggi secara alami. Bumbu dapur merupakan sumber antioksidan terkonsentrasi yang bisa membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika terlalu banyak kolesterol, bisa membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit kronis. 

Kolesterol merupakan penyebab utama terjadinya penyakit jantung. Bumbu dapur memiliki kandungan antioksidan yang bisa memperlambat terjadinya peradangan dan juga kerusakan pada jaringan tubuh. 

5 Bumbu Dapur yang Bisa Menurunkan Kolesterol. 

Berikut ada beberapa bumbu dapur yang bisa turunkan kolesterol di dalam tubuh. 

1. Kayu Manis

Kayu manis lebih dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa menyembuhkan penyakit jantung. Selain itu, kayu manis bisa memungkinkan aliran darah bisa berjalan dengan baik serta bisa menjaga tubuh bebas dari penyumbatan internal. Tak hanya itu saja, kayu manis juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang bisa mendukung produksi insulin secara alami. Kayu manis juga bisa membantu tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Kayu manis biasanya dicampur kedalam minuman seperti teh ataupun minuman lainnya. 

2. Ketumbar

Ketumbar seringkali dijadikan sebagai obat dari sejumlah penyakit. Bahan dapur ini juga bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Ketumbar memiliki beberapa vitamin seperti asam folat, vitamin A, vitamin C dan juga beta-karoten. 

3. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena kunyit mengandung beberapa senyawa aktif yang dikenal sebagai kurkumin. Sifat antioksidan dan antiinflamasi kunyit sangat efektif untuk mengobati gangguan kesehatan seperti penyakit radang paru-paru kronis, pankreatitis, masalah usus, dan resiko penyakit jantung. Kunyit juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, termasuk kolesterol jahat. 

4. Bawang Putih

Dalam sejumlah penelitian, bawang putih dinilai sangat efektif untuk menurunkan kolesterol total dan juga kolesterol jahat secara signifikan. Bawang putih bisa memberikan efek baik bagi kolesterol baik. Sementara itu, peningkatan kadar kolesterol baik sangat berguna bagi kesehatan tubuh. 

5. Jahe

Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe bisa membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida total. Jahe dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga bisa meningkatkan kolesterol baik. 

Inilah 5 bumbu dapur yang bisa dijadikan sebagai penurun kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut