get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

3 Cara Menjaga Rambut Tetap Sehat

Rabu, 01 Februari 2023 | 15:41 WIB
header img
3 Cara Menjaga Rambut Tetap Sehat ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Rambut seringkali disebut sebagai mahkota manusia terutama bagi kaum hawa. Apalagi rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif, sama seperti bagian tubuh lainnya. 

Rambut yang sehat sangat membutuhkan perawatan dan makanan yang tepat. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan jenis makanan agar kebutuhan nutrisi dalam rambut bisa terpenuhi. Jika  nutrisi pada rambut tak terpenuhi, kemungkinan seseorang bisa mengalami kebotakan. 

Jenis Makanan yang Bisa Menjaga Nutrisi pada Rambut

Dibawah ini ada sederet makanan yang bisa menjaga nutrisi dalam rambut. 

1. Makanan Berprotein

Mineral dan protein merupakan bahan penyusun alami untuk menjaga kesehatan rambut. Segala makanan yang mengandung protein yang tinggi bisa membantu rambut tumbuh dengan sehat dan mengurangi adanya kerontokan. Makanan yang mengandung protein juga bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut. Biasanya makanan yang mengandung mineral dan protein yang tinggi terdapat pada kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan juga buah-buahan. Salah satu buah yang bisa menjaga kesehatan rambut adalah alpukat. Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin, rambut akan semakin berkilau dan terjaga dari kerusakan. 

2. Vitamin Tambahan 

Vitamin yang penting untuk rambut adalah vitamin H atau yang sering disebut biotin. Jika ingin mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, sebaiknya konsumsilah beberapa suplemen biotin. Sebab vitamin biotin bisa menumbuhkan rambut serta bisa menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku tetap terjaga. 

3. Makanan Berzat Besi 

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Selain zat besi, rambut juga membutuhkan vitamin B12 yang bisa membantu untuk proses penyerapannya. Saat rambut sering rontok, kemungkinan tubuh penderitanya kekurangan asupan mineral atau sedang mengalami penyakit anemia. Agar rambut tetap subur, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau yang berwarna lebih gelap serta kandungan kurma. Karena kedua makanan ini sangat banyak mengandung zat besi di dalamnya. 

Inilah ketiga makanan yang bisa menjaga kesehatan rambut. Semoga membantu.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut