get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam yang Bikin Betah

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:20 WIB
header img
Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam yang Bikin Betah ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Liburan ke tempat yang sejuk dan teduh merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menghilangkan penat. Jika destinasi wisata yang dikunjungi memiliki kualitas udara yang segar, maka liburan pun akan semakin menyehatkan.

Ada salah satu tempat wisata yang berada di daerah Yogyakarta yang menawarkan kesejukan, keteduhan dan kesegaran udara. Tempat ini adalah Hutan Pinus Mangunan.

Hutan pinus ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini tepat berada di kawasan perbukitan di sebelah timur Kabupaten Bantul. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta hanya sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam perjalanan. Rute perjalanan yang paling cepat bisa melalui Jalan Imogiri Barat.

Setelah sampai di Kecamatan Imogiri perjalanan diteruskan hingga melalui Jalan Imogiri-Dlingo. Selama perjalanan wisatawan akan melewati kawasan perbukitan. Nantinya wisatawan akan sampai di Desa Mangunan, dan tinggal ikuti petunjuk arah menuju hutan pinus.

Lokasi hutan pinus pun mudah ditemukan karena akses jalan beraspal sudah berada di tengah-tengah hutan pinus. Disepanjang kanan dan kiri wisata ini dipenuhi oleh pepohonan pinus yang mempesona. Beberapa destinasi wisata pun mulai bermunculan di antara hamparan hutan pinus ini. Sejak tahun 2014, destinasi ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Banyaknya spot foto yang keren di berbagai media sosial mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi lokasi ini.

Kini setiap hari libur akhir pekan atau libur nasional, Hutan Pinus Mangunan selalu dipadati pengunjung. Selain menawarkan latar belakang pemandangan hutan pinus, suasana di lokasi ini juga sejuk dan teduh sehingga sangat nyaman untuk melepas penat.

Pengelola juga sudah menambahkan beberapa spot foto agar kawasan ini semakin menarik.Beberapa spot foto yang ada di lokasi ini seperti rumah pohon dan panggung sederhana.

Selain itu, jika mengikuti jalan setapak yang telah disediakan, wisatawan bisa langsung menuju bagian lain dari kawasan Hutan Pinus Mangunan. Ada sebuah taman bunga yang semakin mempercantik kawasan wisata ini. Taman bunga tepat berada di selatan kawasan hutan pinus. Pemandangan ke arah selatan pun sangat terbuka dengan menampilkan hamparan perbukitan di sebelah selatan Yogyakarta.

Di kawasan Hutan Pinus Mangunan juga terdapat situs sejarah yang bernama Watu Tumpang. Situs ini berupa batu besar yang berdiri kokoh meski hanya ditopang oleh batu kecil. batu ini konon sangat menyerupai peninggalan Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar saat menyebarkan agama Islam. Dahulu masyarakat setempat sangat sulit untuk menerima agama Islam. Untuk itu Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar kemudian berdoa dan meletakkan batu besar sehingga mampu berdiri kokoh diatas batu kecil sebagai bentuk kebesaran Allah SWT.

Sementara itu di seberang jalan aspal terdapat sebuah panggung alam yang semua bagiannya terbuat dari kayu. Panggung ini pun berada di tengah hutan pinus yang sering digunakan untuk acara sekolah alam. Keunikan panggung alam ini sering dijadikan sebagai spot foto favorit wisatawan. Tak jarang lokasi ini sering dijadikan sebagai lokasi foto pre wedding untuk pasangan yang ingin menikah.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut