get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:10 WIB
header img
5 Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Asupan nutrisi untuk tubuh bisa didapat dari berbagai jenis makanan yang sehat. Makanan yang sehat tak hanya satu jenis makanan saja. Bahkan, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan berbagai menu untuk menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Mengkonsumsi makanan sehat tak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga bisa menurunkan resiko terserang penyakit. Dibawah ini ada sejumlah makanan yang bisa membantu tubuh untuk menyerang penyakit.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Jenis makanan ini bisa membantu tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga secara tidak langsung bisa menurunkan resiko terkena gangguan jantung dan juga tekanan darah. Tak hanya itu saja, ikan salmon juga dipercaya bisa mencegah peradangan dan juga menurunkan trigliserida.

2. Oatmeal

Oatmeal ternyata juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebab oatmeal memiliki kandungan serat, sehingga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi pengidap diabetes, oatmeal sangat dibutuhkan karena bisa membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah. Makanan ini juga menyehatkan jantung karena bisa menurunkan resiko kolesterol jahat (LDL) karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

3. Biji-bijian 

Mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, ternyata bisa membantu tubuh untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes, kanker,obesitas, dan juga masalah kesehatan lainnya. Biji-bijian banyak mengandung protein, antioksidan, vitamin B, mineral ( zat besi, magnesium, dan juga zinc ) serta serat.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau banyak mengandung serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium dan juga kalium. Karotenoid merupakan sebuah pigmen yang mengandung senyawa antioksidan,biasanya terkandung di dalam buah-buahan dan juga sayuran berwarna cerah. Karotenoid dipercaya bisa menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

5. Jeruk

Satu buah jeruk mengandung vitamin C, karbohidrat, potasium, folat, kalium, vitamin B1, vitamin B3, pyridoxine, dan vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang terdapat di dalam buah jeruk dipercaya bisa mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut