get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba

Sabtu, 28 Januari 2023 | 08:49 WIB
header img
5 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Selain terkenal dengan Sungai Musi, Palembang juga terkenal dengan beragam kuliner yang nikmat. Salah satu makanan yang terkenal adalah pempek.

Kebanyakan kuliner khas Palembang terbuat dari bahan dasar ikan. Akan tetapi kuliner ini bercita rasa manis dan gurih serta membuat siapa saja ketagihan. Meski terbuat dari bahan dasar ikan, kuliner khas Palembang tak memiliki bau amis sama sekali.

Dibawah ini ada beberapa makanan Palembang yang wajib dicoba.

1. Tekwan 

Tekwan termasuk makanan khas Palembang yang hampir mirip dengan pempek. Kedua kuliner ini terbuat dari bahan dan cara pembuatan yang sama. Hanya saja cara penyajian kuliner ini cukup berbeda.

Jika pempek umumnya berukuran besar dan disajikan dengan cuko, sedangkan tekwan memiliki ukuran yang lebih kecil dan disajikan dengan kuah udang yang gurih serta diberi tambahan bihun, jamur kuping, bawang goreng, dan juga daun bawang.

2. Kemplang

Kemplang merupakan kerupuk khas dari Palembang. Kemplang terbuat dari bahan dasar ikan,garam dan juga tepung tapioka.Adonan yang telah direbus kemudian diiris tipis-tipis yang kemudian dijemur dibawah sinar matahari. Kemplang bisa dimasak atau dibakar sebelum dinikmati.

3. Maksuba

Maksuba merupakan kuliner khas Palembang yang bertekstur lembut dan memiliki citarasa yang manis. Kue ini terbuat dari perpaduan telur bebek dan krimer kental manis yang manjadi kunci kelezatan setiap lapis maksuba.

4. Martabak Har

Martabak Har merupakan makanan khas Palembang yang tak seperti martabak telur pada umumnya yang disajikan dengan kuah cuka. Sedangkan martabak Har khas Palembang ini disajikan dengan kuah kari kental.

5. Celimpungan

Celimpungan termasuk makanan khas Palembang yang berkuah. Kuliner ini menggunakan bahan dasar ikan dan tepung kanji yang hampir sama dengan pempek.

Celimpungan ini sekilas hampir sama dengan pempek, hanya yang membedakan terletak pada bentuk dan kuahnya saja. Celimpungan berbentuk bulat pipih yang berdiameter sekitar 10 centimeter.

Hidangan ini sangat khas dan unik karena memiliki kuah yang terbuat dari santan kelapa dengan racikan rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, dan juga garam.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut