get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Pulau Pahawang, Keindahan Bawah Laut yang Memukau

Senin, 23 Januari 2023 | 17:20 WIB
header img
Pulau Pahawang, Keindahan Bawah Laut yang Memukau ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pulau Pahawang merupakan pulau terbesar di sekitar Teluk Ratai. Wisata ini merupakan salah satu wisata favorit di Indonesia. 

Pulau ini berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pulau Pahawang tepat berada di dekat Pulau Kelagian, yakni di mulut Teluk Ratai yang juga menjadi bagian dari Teluk Lampung. Pulau Pahawang sendiri berjarak kurang lebih sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. 

Pulau Pahawang memiliki keindahan pantai dan juga bawah laut yang memukau. Pulau ini memiliki banyak pantai yang berpasir putih. Sebagian lagi berupa hamparan hutan mangrove yang sangat lebat. Pulau ini memiliki luas sekitar 700an hektar, yang dihuni oleh lebih dari 300 kepala keluarga. Yang kebanyakan tinggal di dusun-dusun dekat dengan pantai. 

Pulau Pahawang terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Kecil memiliki luas sekitar 13 hektar, tetapi tak berpenghuni. Di Pulau Pahawang Kecil juga terdapat pantai yang indah di sisi utaranya. 

Pulau ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Jika menginap di cottage yang ada di pulau, wisatawan bisa langsung snorkeling di sekitar penginapan. 

Beberapa jenis biota laut dengan mudah ditemukan di daerah ini. Yang menjadi daya tarik adalah penemuan ikan clownfish atau ikan badut saat snorkeling. Ada juga beberapa spesies ikan badut dengan berbagai ukuran dan warna yang menghiasi keindahan bawah laut pulau ini. Jika beruntung, wisatawan bisa menemukan penyu dan pari bintik biru, juga di beberapa spot terdapat belut laut dan juga ular laut.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut