get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Lempok Durian, Olahan Dodol Khas Bengkalis

Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:02 WIB
header img
Lempok Durian, Olahan Dodol Khas Bengkalis ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Kepulauan Riau memiliki segudang kuliner khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Salah satunya adalah Lempok Durian.   

Lempok Durian merupakan kudapan manis yang berasal dari buah durian. Bagi masyarakat sekitar lempok durian adalah salah satu olahan dodol durian yang istimewa, karena dicampur dengan gula merah dalam proses pembuatannya. Terbukti dengan rasa dan juga harum gula merah disetiap gigitan kuliner ini.   

Meski kuliner ini termasuk olahan dodol, ternyata ada perbedaan yang sangat ketara pada bahan-bahan pembuatannya. Dodol durian pada umumnya diolah dengan mencampurkan ketan dan juga kelapa, tetapi lempok durian sama sekali tak menggunakan keduanya. Lempok durian hanya menggunakan gula merah dan beberapa bahan resep turun-temurun dari keluarga. Jajanan ini juga tak menggunakan bahan pengawet sama sekali.   

Kini lempok durian sudah menjadi oleh-oleh khas dari Kepulauan Riau. Kudapan ini berasal dari Kota Bengkalis, Riau. Kue manis ini mulai dibuat dan dijajakan secara luas oleh Selamat alias Ahok, salah satu warga Bengkalis pada tahun 1991. Munculnya ide untuk menjajakan lempok durian tak lain karena durian sangat melimpah di Kota Bengkalis. Musim durian yang terjadi sebanyak 2 kali dalam setahun, membuat harga durian di daerah ini sangat murah. Karena stok durian yang melimpah dan murah, lahirlah lempok durian yang dibuat untuk meningkatkan nilai ekonomi durian.   

Untuk membuat lempok durian ternyata tak terlalu sulit, tetapi memang dibutuhkan keahlian khusus dan juga resep rahasia untuk bisa menghasilkan lempok yang khas. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan seperti durian, gula merah dan juga garam secukupnya . Campurkan ketiga bahan ini di dalam kuali dengan api sedang. Aduk-aduk terus hingga lempok mengental. Biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk menghasilkan lempok durian yang lezat.   

Awalnya lempok durian dipasarkan oleh masyarakat Bengkalis hanya di sekitar kota saja. Seperti yang dilakukan Ahok, ia hanya menjual lempok durian secara kiloan ke toko-toko makanan. Lalu toko makanan mengemas lempok dan menjualnya dengan merk dagang sendiri.   

Seiring dengan berjalannya waktu, lempok durian semakin dikenal oleh masyarakat, sehingga jajanan ini sudah banyak tersebar di kota-kota lain seperti Pekanbaru, Riau. Tak hanya itu saja, wisatawan banyak sekali mengenal lempok durian sebagai kudapan manis khas dari Riau. Kini lempok durian sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Riau.   

Lempok durian sudah banyak dijual di berbagai toko makanan ataupun toko oleh-oleh yang berada di Riau. Umumnya pembuat lempok durian harus dilakukan oleh yang ahli sehingga rasa antara merk satu dengan yang lainnya tak jauh berbeda.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut