get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Ada di Indonesia! Inilah Pesona Niagara Waterfall Van Java yang Memukau

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:00 WIB
header img
Ada di Indonesia! Inilah Pesona Niagara Waterfall Van Java yang Memukau ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Air Terjun Tumpak Sewu merupakan destinasi wisata yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Destinasi wisata ini dinobatkan sebagai air terjun terindah di Indonesia.

Keindahan air terjun Tumpak Sewu yang dilihat oleh wisatawan tak hanya dua atau tiga mata air saja, melainkan wisatawan bisa menyaksikan air yang mengalir dari beberapa sumber mata air. Pancuran air ini akan membentuk seperti bertumpuk-tumpuk sehingga lahirlah nama Tumpak Sewu.

Air-air yang cukup deras tersebut bisa memancar dan mengalir dari atas tebing yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Dengan ketinggian tersebut dan juga sumber mata air yang banyak, Air Terjun Tumpak Sewu bagaikan tirai putih raksasa yang menutupi tebing batu. Keindahan inilah yang membuat Tumpak Sewu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Air terjun ini memiliki formasi unik yakni memiliki aliran air yang melebar mirip seperti tirai. Sehingga air terjun ini termasuk kedalam tipe air terjun Tiered, yakni air terjun yang aliran airnya melekat atau mengalir di dinding tebing.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu berada di dalam sebuah lembah curam memanjang yang memiliki ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidik yang berhulu di Gunung Semeru.

Air terjun Tumpak Sewu juga sering disebut Curug Tumpak Sewu, Grojogan Sewu, Coban Tumpak Sewu, bahkan ada yang menjuluki air terjun ini sebagai Niagara Waterfall Van Java.

Coban Tumpak Sewu berada di dalam hutan yang rimbun dengan tanaman dan juga pepohonan yang masih sangat terjaga . Bentuk air terjun ini sekilas mirip dengan Niagara yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Saking indahnya, banyak sekali wisatawan yang berpendapat bahwa air terjun Tumpak Sewu sebagai satu-satunya air terjun terindah yang ada di Indonesia.

Bentuknya yang unik ditambah dengan tempatnya yang masih asri dan alami membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Air Terjun Tumpak Sewu tak seperti air terjun kebanyakan yang hanya memiliki satu aliran air saja. Air terjun ini memiliki banyak sekali aliran air, sehingga tampak seperti sebuah tirai yang mirip dengan keindahan Air Terjun Niagara di Amerika.

Meskipun memiliki tinggi sekitar 500 mdpl, hempasan air yang sampai ke permukaan sungai di bawahnya tidaklah terlalu keras. Disarankan wisatawan datang saat cuaca sedang cerah, sehingga bisa dengan jelas melihat gagahnya puncak Gunung Semeru dari lokasi air terjun ini. 

Konon,dibalik keindahan Air Terjun Tumpak Sewu ini terdapat sebuah mitos yang sangat dipercaya masyarakat, yakni siapapun yang mencuci wajahnya dengan air yang mengalir dari air terjun dipercaya bisa membuat wajah tampak awet muda. Meski belum pasti kebenarannya, mitos ini sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut