get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Kue Putri Kandis, Kuliner Cantik Khas Jambi

Rabu, 18 Januari 2023 | 10:55 WIB
header img
Kue Putri Kandis, Kuliner Cantik Khas Jambi ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Putri Kandis merupakan salah satu kue basah khas dari Jambi. Kue ini memiliki bentuk yang berlapis-lapis dengan kombinasi kuning, coklat, dan hijau yang berasal dari air daun suji. 

Untuk membuat kue putri kandis diperlukan banyak sekali telur dan juga gula, sehingga memiliki rasa legit dan manis yang sangat khas. Kue ini biasanya disajikan saat ada perayaan adat jambi salah satunya acara antar belanjo.

Antar belanjo adalah bagian dari proses pernikahan di daerah Jambi. Yakni sebelum akan nikah, keluarga calon pengantin pria membawa beberapa hantaran belanja kepada calon pengantin wanita. Salah satu hantaran ini adalah kue putri kandis. Makna dari acara antar belanjo adalah mengeratkan rasa kekeluargaan yang sudah terbangun dari kedua belah pihak. 

Sekarang, kue putri kandis sudah semakin populer dan dikenal oleh masyarakat. Putri kandis sudah semakin sering dijadikan sebagai salah satu hidangan di berbagai acara sosial dan keagamaan seperti acara perayaan Maulid Nabi, Isra Mi'raj, acara peresmian dan pelantikan kepala daerah, atau sebagai hidangan berbuka di bulan Ramadhan. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut