get app
inews
Aa Read Next : Review: Hempas Jerawat dengan The Originote Acne Spot Cream

Punya Jerawat ? Hilangkan dengan 4 Makanan ini!

Sabtu, 14 Januari 2023 | 13:36 WIB
header img
Punya Jerawat ? Hilangkan dengan 4 Makanan ini! ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Jerawat adalah sebuah gangguan pada kulit wajah. Kondisi ini sangat berhubungan erat dengan produksi minyak  ( sebum ) yang terjadi secara berlebihan. Produksi minyak yang berlebih ternyata bisa menyumbat pori-pori kulit. 

Jerawat terjadi karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal ini akan menyebabkan sebuah peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini bisa ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang berisi nanah di atas kulit. 

Beberapa ahli percaya bahwa makanan di bawah ini mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang bisa mengurangi munculnya jerawat pada kulit. 

1. Lemon

Lemon ternyata bisa menghilangkan jerawat. Air lemon ternyata bisa bekerja sebagai astringent alami, sehingga dipercaya bisa mengencangkan kulit dan juga menyamarkan noda di wajah. 

Tidak disaran untuk menggunakan air lemon secara langsung pada kulit, sebab air lemon akan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika ingin mendapatkan manfaat dari kandungan air lemon, bisa  gunakan air lemon sebagai minuman atau bahan campuran makanan. Hal ini ternyata juga bisa membantu membasmi jerawat. 

Dalam sebuah penelitian, lemon memiliki kandungan flavonoid yang bersifat anti-karsinogenik dan bisa melindungi kulit. Flavonoid juga bisa membantu tubuh untuk membasmi jerawat dari dalam. 

2. Ubi

Ubi ternyata bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Makanan ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat berkhasiat untuk membantu kulit membasmi jerawat. 

Vitamin A sangat berpengaruh penting terhadap kesehatan kulit seseorang. Banyak sekali krim wajah yang mengandung turunan vitamin A  ( retinol ) yang ternyata sangat ampuh menghilangkan jerawat. 

3. Pepaya

Pepaya seringkali dijadikan sebagai buah pelancar BAB, tak banyak yang tahu ternyata buah ini juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan enzim papain dan chymopapain pada pepaya dipercaya bisa mengurangi peradangan akibat jerawat. 

Papain dikenal sebagai pelarut protein dan sering dijumpai di dalam produk pengelupasan kulit. Produk yang mengandung ekstrak pepaya ternyata bisa membantu menghilangkan jerawat dan juga mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori pada kulit. 

4. Buah beri

Meski berukuran kecil, buah beri seperti stroberi atau blueberry sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Kedua senyawa ini sangat berguna dalam membasmi permasalahan jerawat. 

Vitamin C termasuk kedalam jenis vitamin yang bisa menghambat NF kB, senyawa yang bisa memicu sitokin untuk peradangan. Vitamin C juga mempunyai aktivitas anti-peradangan yang bisa digunakan pada kulit yang berjerawat. 

Tak hanya itu saja, vitamin C pada buah beri dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka dan juga dapat mencegah hiperpigmentasi setelah jerawat meradang.

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut